Kontrol Optimal Model Penyakit Tuberkulosis Menggunakan Prinsip Minimum Pontryagin Untuk Meminimalkan Jumlah Individu Yang Terinfeksi

Winata, Feri (2018) Kontrol Optimal Model Penyakit Tuberkulosis Menggunakan Prinsip Minimum Pontryagin Untuk Meminimalkan Jumlah Individu Yang Terinfeksi. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of REPOSITORY.pdf]
Preview
Text
REPOSITORY.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Dalam laporan WHO tahun 2013 diperkirakan terdapat 8.6 juta kasus tuberkulosis pada tahun 2012 dimana 1.1 juta orang (13%) diantaranya adalah pasien dengan HIV positif. Sekitar 75% dari pasien tersebut berada diwilayah Afrika. Pada tahun 2012 diperkirakan terdapat 450.000 orang yang menderita TB MDR dan 170.000 diantaranya meninggal dunia. Tuberkulosis adalah penyakit infeksius, yang menyerang penyakit parenkim paru disebabkan oleh bakteri Mycobakterium tuberkulosis. Pendekatan kontrol tuberkulosis dengan pengobatan kemoprofilaksis kurang efektif menggunakan vaksin. Kemoprofilaksis adalah pemberian obat untuk mencegah penularan suatu penyakit infeksi. Model matematika mengambil peranan penting dalam kontrol sistem dinamik pengendalian wabah penyakit termasuk malaria, virus SARS, dan tuberkulosis, oleh karena itu penelitian ini bermaksud untuk menyelidiki kestabilan, keterkontrolan, dari titik setimbang pada model, serta digunakan kendali untuk meminimalkan individu yang terinfeksi penyakit tuberkulosis yang menggunakan prinsip minimum pontryagin. Dengan Kontrol u_1 yang merepresentasikan tingkat pemberian vaksin pada individu yang rentan, u_2 yang merepresentasikan tingkat perawatan sampai sembuh , u_3 merepresentasikan tingkat perawatan pada tahap aktif. Berdasarkan hasil simulasi, individu yang terinfeksi TB aktif dan dirawat mengalami penurunan dengan kontrol optimal u_1=0.5666, u_2=0.6444, u_3 hampir mendekati angka nol.
Kata Kunci : Tuberkulosis, Model Matematika Penyakit Tuberkulosis, Prinsip Minimum Pontryagin

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSMa 515.642 Win k
Uncontrolled Keywords: Tuberkulosis, Model Matematika Penyakit Tuberkulosis, Prinsip Minimum Pontryagin
Subjects: Q Science
Q Science > Q Science (General) > Q180.55.M38 Mathematical models
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA278.3 Structural equation modeling.
Divisions: Faculty of Mathematics, Computation, and Data Science > Mathematics > 44201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Feri Winata
Date Deposited: 22 Jan 2021 06:28
Last Modified: 22 Jan 2021 06:28
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59010

Actions (login required)

View Item View Item