Disturbance Compensating Model Predictive Control untuk Kendali Gerak Kapal Perang dengan Misi Penembakan Misil

Purnawan, Heri (2018) Disturbance Compensating Model Predictive Control untuk Kendali Gerak Kapal Perang dengan Misi Penembakan Misil. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of TesisHeriFix.pdf]
Preview
Text
TesisHeriFix.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Salah satu misi kapal perang adalah menembak dan menghindari serangan musuh, strategi tersebut dilakukan dengan menembakkan misil. Impact dari penembakan misil diusulkan sebagai gangguan pada sistem dinamik kapal. Besarnya gaya impact dari penembakan misil dapat ditentukan oleh massa dan percepatan misil, sedangkan momen gaya impactnya ditentukan oleh gaya dan jarak peluncur misil terhadap pusat gravitasi kapal. Dikarena gangguan impact dari penembakan misil dapat dihitung besaran nilainya, maka metode sistem kendali yang dipilih adalah metode DC-MPC. Metode kendali ini dipilih, karena DC-MPC merupakan metode yang robust terhadap gangguan yang terukur. Dari hasil simulasi menunjukkan bahwa gangguan impact dari penembakan misil sangat kecil pengaruhnya pada perubahan sudut hadap kapal, hal ini disebabkan oleh nilai gangguan impact dari penembakan misil dikalikan dengan matriks massa tambahan kapal menghasilkan nilai yang kecil dan gangguan hanya terjadi sesaat. Pada penelitian ini, skema DC-MPC juga diimplementasikan pada sistem nonlinier. Baik pada sistem linier maupun nonlinier, sudut hadap kapal tetap dapat mengikuti referensi sudut hadap yang diinginkan, meskipun skema DC-MPC yang diimplementasikan pada sistem nonlinier lebih lambat menuju referensi yang diberikan dari pada sistem linier. Terbukti bahwa skema DC-MPC yang diusulkan lebih robust dalam mengatasi gangguan impact dari penembakan misil dibandingkan dengan skema standar MPC baik untuk sistem linier maupun nonlinier.
==================================================================================================================
One of warship missions is shooting and avoiding enemy attacks, which
can be done by missile firing strategy. Impact of missile firing is proposed as a
disturbance on the ship’s dynamic system. The magnitude of impact force of
missile firing can be determined by mass and the acceleration of the missile,
while the moment of impact force is determined by the force and distance of
the missile launcher to the center of gravity of the ship. Due to the impact
disturbance of the missile firing can be calculated its range of value, then we
were chosen DC-MPC scheme. Because DC-MPC scheme is a robust method of
measurable disturbance. The simulation results show that the impact of missile
firing is very small effect on the ship’s heading angle change, this is caused by
the impact disturbance value of the missile firing multiplied by the additional
mass matrix of the ship resulting a small value and the disturbance only occurs
for a moment. In this research, DC-MPC scheme is also implemented on the
nonlinear system. Both linear system and nonlinear system, the ship’s actual
heading angle can follow the desired heading angle, although the DC-MPC
scheme implemented on nonlinear system slower toward the given reference
than linier system. Proven that DC-MPC scheme is proposed more robust in
overcoming the impact of missile firing than standard MPC scheme for both
linear and nonlinear systems.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTMa 511.8 Pur d
Uncontrolled Keywords: Kapal Perang, Impact Misil, DC-MPC, Sistem Nonlinier
Subjects: Q Science
Q Science > Q Science (General) > Q180.55.M38 Mathematical models
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA402 System analysis.
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ217.6 Predictive Control
Divisions: Faculty of Mathematics, Computation, and Data Science > Mathematics > 44101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Heri Purnawan
Date Deposited: 26 Nov 2020 06:28
Last Modified: 26 Nov 2020 06:28
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59035

Actions (login required)

View Item View Item