Pemodelan Numerik Pada Dua Silinder Akibat Beban Gelombang Dan Arus Dengan Menggunakan Software CFX 5.4.1

Luckyanto, M.M (2003) Pemodelan Numerik Pada Dua Silinder Akibat Beban Gelombang Dan Arus Dengan Menggunakan Software CFX 5.4.1. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4398100036-Undergraduate-Thesis.pdf]
Preview
Text
4398100036-Undergraduate-Thesis.pdf - Published Version

Download (22MB) | Preview

Abstract

Pada konstruksi struktur bangunan lepas pantai yang dikenai beban gelombang dan arus, banyak fenomena yang terjadi dengan adanya beban fluida berupa arus dan gelombang yang mengenai struktur bangunan lepas pantai tersebut. Kondisi ini berlaku selamanya terhadap konstruksi bangunan lepas pantai sehingga beban-beban arus dan gelombang ini bisa mengakibatkan terjadinya kerusakan terhadap struktur yang umumnya berupa silinder. Adapun Tugas Akhir ini ditujukan secara spesifik untuk mengidentifikasikan fenomena fluida secara numerik yang mengenai silinder sebagai model dari main structure yang berhubungan dengan beban aliran arus dan gelombang dan sebagai upaya untuk mendapatkan data berupa koefisien gaya hidrodinamis yang bekerja pada model leg structure dengan variasi sudut masuk terhadap beban fluida. Untuk menyelesaikan eksperimen ini digunakan model silinder secara numerik yang mengacu pada pemodelan numerik yang menggunakan metode Discrete Vortex dan akan divisualisasikan dengan menggunakan software CFX yang berbasis Computational Fluid Dynamics (CFD) dengan metode FVM (Finite Volume Method) dimana metode FVM ini sedikit berbeda dengan FEM (Finite Elemen Method) dalam hal tinjauan meshing elemennya. Metode finite volume ini akan digunakan sebagai dasar untuk menentukan bentuk meshing elemennya yang menggambarkan adanya suatu nilai tertentu dalam volume elemen yang terdiri lebih dari 4 node per elemen tersebut seperti nilai kecepatan, force dll. Dan diketahui bahwasannya hasil dari eksperimen ini menunjukkan trend grafik yang hampir sama dengan percobaan di U-Tube untuk kasus 1 silinder. Sedangkan pada 2 silinder, trend grafik untuk tiap susunan hampir sama dan beban hidrodinamis terbesar tetjadi pada susunan staggered. Namun, hasil perbandingan dengan grafik validasi menunjukkan adanya perbedaan dalam trend grafiknya ..

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSKe 627.98 Luc p
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC147 Ocean wave power.
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 21 Aug 2018 03:49
Last Modified: 21 Aug 2018 03:49
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59428

Actions (login required)

View Item View Item