Implementasi Perangkat Lunak Wikibudaya dalam Rangka Melestarikan Budaya Bangsa dan Kearifan Lokal Nusantara

Muqtadiroh, Feby Artwodini and Nisafani, Amna Shifia and Izzattisselim, Fazlurrani Implementasi Perangkat Lunak Wikibudaya dalam Rangka Melestarikan Budaya Bangsa dan Kearifan Lokal Nusantara. Jurnal SISFO : Inspirasi Profesional Sistem Informasi.

[thumbnail of Implementasi-Perangkat-Lunak-Wikibudaya-dalam-Rangka-Melestarikan-Budaya-Bangsa-dan-Kearifan-Lokal-Nusantara] Text
Implementasi-Perangkat-Lunak-Wikibudaya-dalam-Rangka-Melestarikan-Budaya-Bangsa-dan-Kearifan-Lokal-Nusantara - Other

Download (11kB)

Abstract

WikiBudaya adalah sebuah situs repositori yang berisi informasi mengenai kebudayaan di Indonesia. WikiBudaya dikembangkan dengan tujuan dapat menjadi solusi pelestarian kebudayaan bangsa dan kearifan lokal nusantara. Pengembangan perangkat lunak yang tidak disertai dengan implementasi yang terstruktur akan menghambat penyampaian tujuan pengembangan dan menghilangkan kemanfaatan perangkat lunak. Karena itu WikiBudaya yang telah selesai dikembangkan tidak dibiarkan begitu saja dan perlu adanya sebuah proses implementasi sebagai kegiatan yang menjadi tindak lanjut pengembangan perangkat lunak agar dapat digunakan oleh seluruh masyarakat. Proses implementasi perangkat lunak WikiBudaya merupakan sebuah proses persiapan, penerapan dan penggunaan perangkat lunak oleh publik. Dalam penelitian ini dilakukan beberapa langkah pengerjaan yakni planning, execution dan closing yang mengacu pada PMBOK (Project Management Body of Knowledge). Dan di setiap langkap pada proses implementasi WikiBudaya terdiri dari beberapa kegiatan terkait dengan interaksi perangkat lunak dengan pengguna seperti dokumentasi, instalasi, sosialisasi dan pelatihan pengguna. Hasil akhir dari kegiatan implementasi WikiBudaya berupa dokumen perencanaan implementasi perangkat lunak berupa Work Breakdown Structure (WBS) dengan pencapaian 85% terpenuhi, dokumentasi perangkat lunak untuk pengguna serta realisasi aktivitas implementasi yang telah tertera pada dokumen perencanaan implementasi perangkat lunak WikiBudaya guna mendukung tujuan pelestarian kebudayaan Indonesia dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi yang ada melalui situs repositori budaya Indonesia WikiBudaya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: WikiBudaya,Pelestarian Budaya,implementasi perangkat lunak,PMBOK,WBS
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Q Science > QA Mathematics > QA76.6 Computer programming.
Divisions: Faculty of Information Technology > Information System
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 28 Aug 2018 05:12
Last Modified: 27 Dec 2023 04:25
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59497

Actions (login required)

View Item View Item