Pemilihan Alternatif Tipe Kontrak Pengolahan Air Produksi Di Lapangan BP PT. XYZ Dengan Metode Delphi Dan TOPSIS

Evelina, Gita (2018) Pemilihan Alternatif Tipe Kontrak Pengolahan Air Produksi Di Lapangan BP PT. XYZ Dengan Metode Delphi Dan TOPSIS. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of Tesis Upload Gita Evelina.pdf]
Preview
Text
Tesis Upload Gita Evelina.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Proses pengolahan air produksi di industri migas adalah salah satu bagian proses yang kritikal, karena air hasil pengolahan harus memenuhi baku mutu yang diregulasikan oleh pemerintah sebelum dialirkan ke lingkungan. Kelalaian dalam memenuhi baku mutu buangan air produksi dapat berakibat pencabutan izin operasi perusahaan hingga sanksi pidana.
Lapangan BP PT. XYZ memiliki pengolahan air produksi untuk mengolah 8.000 barel air per-hari, sebagai hasil samping dari produksi 6.000 barel minyak dan 60 MMscf gas per-hari. Pengolahan dilakukan dengan cara mekanis dan injeksi bahan kimia. Untuk pengadaan bahan kimia, PT. XYZ memiliki multiyear kontrak material dimana kontraktor menyediakan brand bahan kimia yang sama sepanjang durasi kontrak. Namun adanya perubahan fluid properties di lapangan BP mengakibatkan brand bahan kimia tersebut berkurang efisiensinya, sehingga konsumsinya meningkat hingga 5-6 kali lipat.
Berdasarkan permasalahan tersebut, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk pemilihan tipe kontrak dari tiga alternatif: kontrak material, kontrak material dan personil dan kontrak servis. Penentuan kriteria dan ranking dari alternatif dilakukan dengan metode Delphi dan TOPSIS. Dari hasil penelitian, diperoleh bahwa kontrak servis adalah yang paling tepat untuk diaplikasikan dalam pengolahan air produksi di lapangan BP, PT. XYZ, karena memiliki nilai preferensi tertinggi (0.5885), kemudian diikuti dengan kontrak material dan personil (nilai preferensi 0.4568) dan kontrak material (nilai preferensi 0.4038).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTMT 658.403 Eve p
Uncontrolled Keywords: Delphi, Pengolahan air produksi, TOPSIS
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: 61101-Magister Management Technology
Depositing User: Gita Evelina
Date Deposited: 07 Oct 2020 01:39
Last Modified: 07 Oct 2020 01:39
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59549

Actions (login required)

View Item View Item