Supply Chain Lead Time Analysis For Possible Reduction : Case Study In An Oil And Gas Company In Indonesia

Hasan, Nurbani (2018) Supply Chain Lead Time Analysis For Possible Reduction : Case Study In An Oil And Gas Company In Indonesia. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of TESIS - Nurbani Hasan - FINAL upload.pdf]
Preview
Text
TESIS - Nurbani Hasan - FINAL upload.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dukungan rantai suplai pada kegiatan operasi di bidang perminyakan dan gas bumi adalah sangat penting. Keterlambatan dalam menyediakan barang yang diperlukan dapat mengakibatkan kerugian bagi perusahaan, tertundanya pekerjaan, serta dapat meningkatkan resiko terkait aspek keselamatan dan keamanan lingkungan. Untuk memastikan kegiatan operasi berjalan dengan baik, khususnya pada perusahaan yang memiliki resiko operasi tinggi seperti PT.X, dukungan fungsi rantai suplai dalam memastikan ketersediaan dan kelayakgunaan barang yang diperlukan (kuantitas, kualitas dan biaya yang optimal) adalah sangat penting. PT.X adalah perusahaan dibidang minyak dan gas bumi yang memiliki Kontrak Kerjasama dengan Republik Indonesia. Salah satu permasalahan yang dihadapi PT.X adalah lead time dalam proses rantai suplai barang yang masih sangat panjang dan memiliki variabilitas yang cukup besar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor yang berkontribusi pada lead time penyediaan barang, serta melakukan evaluasi mengenai strategi perbaikan yang perlu dilakukan agar dicapai performa rantai suplai yang lebih baik. Data historis lead time penyediaan barang dievaluasi, Current State Map dari proses rantai suplai selanjutnya dibuat, serta pendapat para ahli dipertimbangkan sebagai masukan dalam proses analisa. Tahapan dengan lead time yang panjang atau variabilitas yang tinggi dievaluasi dan dianalisa lebih jauh untuk mencari akar penyebab atas permasalahan lead time. Selanjutnya strategi perbaikan disusun dan Future State Map rantai suplai dibangun. Simulasi dengan metode Monte Carlo dilakukan untuk memperkirakan dampak perbaikan lead time dengan menerapkan rekomendasi yang diajukan.
Sirkulasi dan persetujuan dokumen yang panjang, proses manual atas persetujuan dokumen, tingginya jumlah permintaan pembelian serta kurangnya dukungan terkait basis data penyedia barang yang komprehensif adalah beberapa akar penyebab permasalahan lead time. Rata-rata lead time dapat diturunkan hingga 85% dengan mengimplementasikan kontrak jangka panjang dibandingkan pembelian terputus. Perubahan periode MRP Run dari setiap bulan menjadi setiap dua bulan sekali juga akan memberikan dampak penurunan lead time yang cukup berarti (23.57%). Key Performance Indicator (KPI) serta sistem pengawasan atas kegiatan pembelian perlu diperbaiki, serta perlu dibuat KPI dan sistem pengawasan untuk kegiatan pengiriman barang ke pengguna akhir.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTMT 658.72 Has s
Uncontrolled Keywords: Lead time, Pendapat ahli, Peta aliran nilai, Rantai suplai, Simulasi Monte Carlo
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: 61101-Magister Management Technology
Depositing User: Hasan Nurbani
Date Deposited: 07 Oct 2020 03:57
Last Modified: 07 Oct 2020 03:57
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59550

Actions (login required)

View Item View Item