Perancangan Kartu Tarot Astadewa Berdasarkan Cerita Dan Karakter Perwayangan Mahabharata

Dewakinnara, Andya (2018) Perancangan Kartu Tarot Astadewa Berdasarkan Cerita Dan Karakter Perwayangan Mahabharata. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3410100174-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
3410100174-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (14MB) | Preview

Abstract

Tarot Wayang yang diciptakan oleh Ibu Ani Setyaningsih, adalah Kartu Tarot pertama yang pernah di publikasikan di Indonesia. Tetapi, keberada-an kartu ini semakin sedikit, karena Gramedia memutuskan untuk tidak mencetak kembali kartu Tarot Wayang ini. Dikarenakan itulah, Penulis me-mutuskan untuk meneruskan kembali jejak Ibu Ani dan terus melestarikan budaya Wayang yang dipenuhi oleh simbolisme.

Dengan melakukan beberapa metode penelitian, wawancara, observasi, studi literatur hingga Focus Group Discussion, Penulis mengumpulkan banyak data untuk melakukan perancangan sebuah dek tarot yang berbeda dari Standar Universal Waite Rider. Dek tersebut lebih mengarah kepada simbolisme per-wayangan Jawa dan menggunakan ilustrasi yang lebih detail daripada Tarot Wayang Ibu Ani.

Wujud akhir dari perancangan tersebut adalah terciptanya sebuah Tarot bernama Astadewa dengan media ilustrasi digital yang dapat mempresentasikan budaya perwayangan Jawa, menggunakan simbol-simbol cerita dan karakter Mahabarata. Diharapkan, kartu ini dapat menjadi media pelestarian wayang, yang dapat digunakan oleh orang dalam negeri maupun luar negeri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSDP 795.4 Dew p
Uncontrolled Keywords: Tarot, Kartu, Wayang, Mahabharata, Ilustrasi
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Faculty of Architecture, Design, and Planning > Visual Communication Design > 90241-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Dewakinnara Andya
Date Deposited: 02 Oct 2020 07:27
Last Modified: 02 Oct 2020 07:27
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59561

Actions (login required)

View Item View Item