Penggunaan Algoritma Genetika Pada Data Mining Untuk Pencanan Pola-Pola Implikasi Dalam Suatu Basis Data

Nasich, Wawan Taufiq (2000) Penggunaan Algoritma Genetika Pada Data Mining Untuk Pencanan Pola-Pola Implikasi Dalam Suatu Basis Data. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2695100039-Undergraduate-Thesis.pdf]
Preview
Text
2695100039-Undergraduate-Thesis.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview

Abstract

Pengertian Data Mining digunakan untuk mendefinisikan suatu proses pencarian otomatis terhadap informasi yang menarik dan berguna dalam suatu basis data yang dititikberatkan pada penemuan pola yang sulit latau bahkan tidak mungkin untuk dideteksi menggunakan mekanisme query standar dan teknik statistik klasik. Secara tradisional, Data Mining dibagi dalam tiga tingkatan, yaitu terarah (directed), tidak terarah (undirected), dan penyempumaan hipotesa (hypotesis refinement). Sebagian besar Data Mining pada saat ini menggunakan variasi dari algoritma pembelajaran mesin tradisional untuk menyeleseikan proses pencarian pengetahuan secara terarah (directed data mining). Algoritma Genetika telah secara luas digunakan dalam beragam masalah optimasi dan pencarian. Namun selama ini penerapannya terbatas pada permasalahan numerik saja. Dalam Tugas Akhir ini disajikanl suatu pendekatan yang tidak hanya berguna untuk Data Mining yang tidak terarah, tapi diharapkan dapat juga diterapkan untuk Data Mining yang terarah. Pendekatan yang dimaksud menggunakan Algoritma Genetika sebagai suatu mekanisme pencarian untuk secara perlahan mendapatkan aturan-aturan (rules) yang qptimal. Penerapan
Algoritma Genetika pada Data Mining membutuhkan pengkodean yang kompleks yang dilengkapi dengan mekanisme pengendalian agar aturan-aturan tidak keluar dari domain solusi yang dibolehkan, desain operator operator genetika yang mampu menghasilkan aturan aturan yang berkualitas, fungsi t'1valuasi yang tepat dan mekanisme seleksi yang mampu menjaga kelebaran ruang pencarian sehingga tidak terjadi konvergensi dini dan dominasi individu tertentu dalam populasi.
Dari hasil uji coba didapatkan bahwa Algoritma genetika telah berhasil diterapkan pada Data Mining untuk pencarian pola implikasi dalam suatu Basis Data. Keberhasilan ini ditunjukan dengan kemampuan PeraJilgkat Lunak yang dibuat untuk menemukan pola-pola yang menarik dan berkualitas dari beberapa Basis Data yang diujicobakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIf 005.1 Nas p
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA9.58 Algorithms
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 03 Sep 2018 03:23
Last Modified: 03 Sep 2018 03:23
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59569

Actions (login required)

View Item View Item