Pengaruh Heat Input Pada Pengelasan Saw Baja Kekuatan Tinggi Terhadap Perambatan Retak Dan Umur Lelah Daerah HAZ

Bahtiar, Didik (1997) Pengaruh Heat Input Pada Pengelasan Saw Baja Kekuatan Tinggi Terhadap Perambatan Retak Dan Umur Lelah Daerah HAZ. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4191100020-Undergraduate-Thesis.pdf]
Preview
Text
4191100020-Undergraduate-Thesis.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview

Abstract

Sifat mekanis yang terbentuk pada logam hasil pengelasan, sangat dipengaruhi dan tergantung dari distribusi temperatur serta masukan panas (heat input) saat proses pengelasan, hal ini terjadi terutama pada daerah HAZ. Daerah ini penting karena pada umumnya adalah bagian terjelek dari semua basil pengelasan. Pada daerah HAZ, besaran butir dan struktur berubah sesuai siklus thermal yang terjadi saat pengelasan. Adanya perubahan besaran butir dan struktur ini, kemudian diikuti oleh perubahan sifat mekanis pada daerah HAZ. Dan pada akhirnya perubahan /perbedaan besaran butir, struktur sifat mekanis yang terjadi akan berpengaruh pada umur lelah dan perambatan retaknya (ASM Metal Handbook vol.lO).
Didalam Tugas Akhir ini mencoba menganalisa, bagaimana dan sejauhmana
pengruh masukan panas (heat input) saat proses pengelasan terhadap perambatan retak dan umur Ielah daerah HAZ. Untuk itu dilakukan pengelasan pada pelat jenis medium carbon steel (S 45 C ) dengan menggunakan masukan panas yang berbeda. selanjutnya dilakukan pengujian meliputi : uji tarik, uji kekerasan serta uji fatik dengan posisi takikan (notch) HAZ.
Dari basil pengujian dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi masukan panas, nilai kekerasan dan kekuatan tariknya akan semakin besar. Sedangkan perambatan retaknya semakin cepat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPe 623.343 2 Bah p
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy > TN752.I5 Steel--Heat treatment
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 05 Sep 2018 06:52
Last Modified: 05 Sep 2018 06:52
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59579

Actions (login required)

View Item View Item