Pengaruh Sudut Blade Fan Radiator Gas Turbin Generator Terhadap Performansi Auxiliary Cooling Water System

Kusuma, Erryawan (2018) Pengaruh Sudut Blade Fan Radiator Gas Turbin Generator Terhadap Performansi Auxiliary Cooling Water System. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of TESIS TOTAL.pdf]
Preview
Text
TESIS TOTAL.pdf - Accepted Version

Download (7MB) | Preview
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

System ACWS (Auxiliary Cooling Water System) pada GTG 1.3 (Gas turbin Generator Blok 1 No 3) UP Muara Karang menurun kehandalnya karena 4 fan radiator harus beroperasi akibat naiknya temperatur udara ambient dan bertambahnya interval inspeksi dari setiap 8000 EOH (Equivalent Operating Hours) menjadi 32.000 EOH setelah dilakukan Upgrade. ACWS merupakan salah satu peralatan pendukung dari gas turbin yang berfungsi sebagai pendingin.jika temperatur air keluar radiator lebih dari 46oC saat beban 100 MW akan timbul alarm dari akibat temperatur Minyak pelumas mencapai 68oC dan Gas Turbin akan diturunkan bebannya 15-25 MW agar temperatur Minyak pelumas tidak naik ke tempetaur Trip di 73oC. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan kinerja Radiator ACWS dengan meningkatkan mass flow udara cooling fan dengan merubah sudut blade fan agar bisa beroperasi dengan 3 fan on dan 1 fan standby sehingga keandalan dan effisiensi unit bisa terjaga.
Penelitian ini diawali dengan pengambilan data eksperimen kecepatan udara dan ampere motor pada sudut blade cooling fan eksiting dikurangi atau ditambah 2o tiap pengukuran di GTG1.2 yaitu 11o, 13o(eksisting), 15o, 17o, dan 19o dan data operasi diambil dari GTG1.3, kemudian disimulasikan mengunakan software Cycle Tempo pengaruh penambahan mass flow udara akibat perubahan sudut blade fan terhadap temperature outlet radiator serta pemakaian power motor dengan 3 fan on dan input parameter operasi saat kondisi temperature outlet radiator ACWS 46oC.
Hasil dari penelitian ini, validasi hasil perhitungan data eksperimen dan numerik memiliki error dibawah 5%, dengan penambahan sudut blade fan maksimal yang bisa dilakukan adalah 19o, juga di dapat pada sudut 16.7o dengan operasi 3 dari 4 fan on output temperature radiator sebesar 46o dan panas yang dibuang sebesar 627.2 kW dimana nilai ini adalah nilai yang sama dengan kondisi eksisting sekarang. Dari pola operasi 3 dari 4 fan on dengan sudut 16. 7o keandalan ACWS meningkat karena adanya fan yang standby operasi serta didapat penghematan memakaian power motor fan sebesar 14,920 Watt

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTM 621.197 Kus p
Uncontrolled Keywords: Temperatur radiator, Cooling fan ,sudut serang blade fan,Mass flow udara, standby operasi
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ828 Wind turbines
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Erryawan .
Date Deposited: 29 Sep 2020 08:09
Last Modified: 29 Sep 2020 08:09
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59648

Actions (login required)

View Item View Item