Pembangunan Perangkat Lunak Antar Muka Grafis Schema Dan Cube Editor Ms Analysis Service Berbasis Web

Ningsih, Widyanti Kartika (2005) Pembangunan Perangkat Lunak Antar Muka Grafis Schema Dan Cube Editor Ms Analysis Service Berbasis Web. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5101100004-Undergraduate-Thesis.pdf]
Preview
Text
5101100004-Undergraduate-Thesis.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Aplikasi Web telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan lagi dalam kehidupan sehari-hari. Seiring dengan meningkatnya teknologi internet membuat seorang administrator tidak perlu berada didepan komputer server untuk dapat melakukan pekerjaan administratif seperti membuat analisa proses secara online dari sebuah schema database untuk dibuat schema cube (data warehousing) dan melakukan perubahan pada schema yang sudah dibuat.
Untuk dapat melakukan hal tersebut SQL Server 7. 0 maupun SQL Server 2000 telah menyediakan fasilitas pengaksesan tabel dimensi, cube, relasi dan koneksi database dalam Analysis Manager menggunakan DSO (Decision Support Object) library component MS OLAP. Dengan adanya DSO connection, seorang administrator dapat memanipulasi schema, tabel, cube, dimension, relasi suatu schema cube dari database SQL Server secara langsung dengan menggunakan bahasa pemrograman yang mendukung, seperti MS Visual Basic, VBScript, MS Visual C++, MS.Net.
Dalam Tugas Akhir ini dibuat aplikasi berbasis web yang merupakan tahap awal dari OLAP (Online Analytical Processing) suatu schema database dengan menggunakan SQL Analysis Service, Analysis Manager yang memungkinkan seorang administrator database untuk dapat melakukan pekerjaan administratif khususnya membuat schema dan cube (fact table) dari database yang dianalisa, membuat dan mengedit dimensi, dimana saja tanpa harus berada di komputer server.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIf 005.1 Nin p
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 19 Sep 2018 07:50
Last Modified: 19 Sep 2018 07:50
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59678

Actions (login required)

View Item View Item