Perencanaan Bangunan Pengaman Dan Pelindung Pantai Akibat Erosi Di Pantai Cikoneng- Carita Jawa Barat

Santoso, Rofiq (2000) Perencanaan Bangunan Pengaman Dan Pelindung Pantai Akibat Erosi Di Pantai Cikoneng- Carita Jawa Barat. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4394100012-Undergraduate-Thesis.pdf]
Preview
Text
4394100012-Undergraduate-Thesis.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview

Abstract

Partai Cikoneng merupakan daerah pariwisata di Jawa Barat. Kawasan ini telah dilindungi oleh bangunan pelindung berupa seawall, namun erosi masih berlangsung dan sebagian seawall sudah mengalami kerusakan di beberapa tempat. Oleh karena itu perlu adanya studi perencanaan bangunan pengaman dan pelindung pantai gabungan yang merupakan pelindung tambahan dalam membantu mengatasi permasalahan erosi di Pantai Cikoneng.
Analisa data berupa peninjauan lapangan, data bathimetry, gelombang, arus, angin, pasang dan perencanaan yang terpadu yang merupakan langkah awal untuk mengetahui kondisi Pantai Cikoneng. Setelah analisa data, dilanjutkan dengan analisa shoaling dan refraksi untuk memperoleh informasi gelombang pecah yang terjadi. Perhi tungan perubahan garis pantai dilakukan dengan metode Komar, untuk memprediksi daerah yang mengalami erosi. Hasil analisa diatas diperoleh kemunduran garis pantai rata-rata adalah sebesar -0.698 m/ tahun dan analisa erosi akibat arus laut dan gelombang menunjukkan terjadinya longshore sediment transport.
Perencanaan al ternatif pelindung pantai yang sesuai adalah groin. Perencanaan bangunan groin berupa rubble mound groin, bahan penyusun berupa batu alam, panj ang groin 50-60 meter, tinggi groin 2. 3 meter dan penempatan groin diletakkan pada pi as 2, 6 dan 11. Sehingga diharapkan rubble mound groin ini mampu mengatasi permasalahan erosi di Pantai Cikoneng.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSKe 627.58 San p
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC1665 Offshore structures--Materials.
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 21 Sep 2018 04:31
Last Modified: 21 Sep 2018 04:31
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59691

Actions (login required)

View Item View Item