Perancangan Bow Thruster Untuk Tunnel Panjang Dan Hasil Simulasi Maneuver Dalam Bentuk Peta Seakeeping

Rahmad, Basuki (2015) Perancangan Bow Thruster Untuk Tunnel Panjang Dan Hasil Simulasi Maneuver Dalam Bentuk Peta Seakeeping. Undergraduate thesis, Institut Technology Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4212105010-Undergraduate Thesis.pdf]
Preview
Text
4212105010-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Untuk meningkatkan kemampuan maneuver kapal,
peralatan khusus telah didesain untuk memberikan side thrust
3600 derajat. Kemampuan ini memungkinkan kapal untuk
lebih independent dari Tug Boat saat memasuki pelabuhan
atau dalam proses maneuver. Tipe paling umum adalah
Tunnel Thruster atau Bow thruster, yaitu perangkat propulsi
terdiri dari baling-baling dipasang di sebuah terowongan pada
posisi melintang kapal dan tersedia dengan beberapa
tambahan penggerak seperti motor listrik atau hidrolik.
Tujuan dari skripsi ini adalah untuk mengkaji gaya dorong
yang dihasilkan Bow Thruster akibat perubahan panjang
selubung (tunnel) dan kemampuan akselerasi kapal pada saat
maneuver akibat perubahan letak posisi pemasangan Bow
thruster tersebut yang menyebabkan perubahan panjang
selubung (tunnel). Dari hasil simulasi didapatkan bahwa
gaya dorong yang dihasilkan bow thruster berbanding
terbalik dengan panjang selubung (tunnel). Perubahan
panjang selubung (tunnel) menyebabkan akselerasi kapal
pada saat melakukan proses maneuver semakin tinggi.
Hal ini ditunjukkan dengan radius yang ditempuh pada
saat proses maneuver menjadi semakin lebih kecil.
======================================================================================================
To improve the ability of the ship’s maneuvering,
specialized equipment has been designed to provide side
thrust 3600 degrees. This capability enables the ship to be
independent of the tug when entering the port or in the
maneuvering. The most common type which is used is a
Tunnel Thruster or Bow thruster, a propulsion device which
consists of a propeller mounted in a tunnel on the transverse
position of ship and is available with some additional drive
such as an electric motor or hydraulic. The purpose of this
paper is to examine the thrust which is generated by Bow
Thruster due to the length of tunnel and acceleration of the
ship’s maneuvering capability due to the length of tunnel. The
simulation showed that the thrust of bow thruster is inversely
proportional to the length of the tunnel. The length of tunnel’s
changing causes acceleration vessel capability during the
initial maneuver higher. This is indicated by the radius
covered during the maneuver becomes smaller.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSP 623.870 113 Rah p
Uncontrolled Keywords: Bow thruster, Tunnel, Maneuver
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.9 Computer algorithms. Virtual Reality. Computer simulation.
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM773 Ship propulsion, Electric
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 28 Sep 2018 08:30
Last Modified: 28 Sep 2018 08:30
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59737

Actions (login required)

View Item View Item