Perhitungan Ulang Tahanan Kapal Cepat Dengan Memperhitungkan Kehadiran Wave-Breaking Dan Perubahan Luas Permukaan Basah Badan Kapal

Arysandhi, I Made (2001) Perhitungan Ulang Tahanan Kapal Cepat Dengan Memperhitungkan Kehadiran Wave-Breaking Dan Perubahan Luas Permukaan Basah Badan Kapal. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4196100021-Undergraduate Thesis.pdf]
Preview
Text
4196100021-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview

Abstract

Perubahan luas permukaan basah badan kapal (WSA) yang terjadi pada
setiap kecepatan akan mempengaruhi harga tahanan kapal. Perubahan tersebut
terlihat jelas pada jenis cepat karena pada kecepatan tinggi, titnbul gaya angkat
dan timbulnya pemecahan gelombang pada haluan kapal dan diikuti dengan
perubahan luas permukaan basah badan kapal.
Penelitian dilakukan di Laboratorium Hidrodinamika FTK-ITS, dengan
menggunakan model kapal cepat. Model ditarik dengan variasi kecepatan (Fn)
antara 0,2 ~ 0,8 dan tiga kondisi sarat (0,053 m, 0,063 m, 0,073 m) dengan harga
koefisien blok (CB) masing-masing adalah 0,36, 0,41, 0,45. Dalam penelitian ini,
diamati pengaruh perubahan WSA, kecepatan dan CB terhadap tahanan
gel om bang (Cw) dan tahanan pemecahan gel om bang (CWB).
Dari hasil penelitian, penambahan WSA dan kecepatan secara umum
menyebabkan kenaikan harga CWB. Harga CWB bertambah besar seiring dengan
penurunan harga CB. Harga CWB berkisar antara 0,8% ~ 1,3% dari tahanan total model.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPe 623.812 Ary p
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC147 Ocean wave power.
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 12 Nov 2018 07:12
Last Modified: 12 Nov 2018 07:12
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59748

Actions (login required)

View Item View Item