Distribusi Kecepatan Dan Tekanan Pada Berbagai Potongan Penampang Lingkaran Dan Elips 2-Dimensi

Ulath, Abdullah Hadi (2003) Distribusi Kecepatan Dan Tekanan Pada Berbagai Potongan Penampang Lingkaran Dan Elips 2-Dimensi. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4199100453-Undergraduate Thesis.pdf]
Preview
Text
4199100453-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview

Abstract

Penelitian tentang distribusi kecepatan dan tekanan pada berbagai potongan model lingkaran dan elips akibat ahran yang melewati model tersebut dirasakan sangat penting. Hal ini disebabkan karena kedua model ini banyak digunakan untuk perencanaan benda-benda yang melewati suatu aliran fluida. Pada penehtian ini model diasumsikan dalam keadaan diam sedangkan fluidanya yang bergerak. Ukuran model lingkaran dibuat berjari-jari 1 m, dan panjang model elipsnya yaitu 2m, dengan perbandingan antara sumbu mayor dan sumbu minor elips adalah 4 (alb = 4). Modelnya dibuat dalam bentuk 2-D menggunakan perangkat lunak Flotran CFD ANSYS 5. 7, yang merupakan salah satu perangkat lunak untuk aplikasi analisa dinamika fluida (Computational Fluida Dynamics, CFD). Dari pengujian numerik yang dilakukan disimpulkan bahwa profil kecepatan memiliki nilai pada tiap potongan model berdasarkan pada kecepatan u yang terjadi pada setiap panjang x. Titik separasi pada model lingkaran terjadi lebih awal dari elips.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPe 620.106 Ula d
Subjects: V Naval Science > V Naval Science (General)
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 05 Nov 2018 03:48
Last Modified: 05 Nov 2018 03:48
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59777

Actions (login required)

View Item View Item