Studi Penggunaan Heavy Fuel Oil Centrifuges Separator Pada Fuel Oil Treatment System Untuk Marine Power Plant

Tambun, Basuki Oscar Y.N (1996) Studi Penggunaan Heavy Fuel Oil Centrifuges Separator Pada Fuel Oil Treatment System Untuk Marine Power Plant. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4914200293-Undergraduate Thesis.pdf]
Preview
Text
4914200293-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview

Abstract

Efisiensi penggunaan bahan bakar merupakan hal yang palingmenonjol dalam operasional sebuah diesel engine sehingga pabrik-pabrik pembuat diesel engine mendisain roang pembakaran sedemikan sehingga pembakaran dapat terjadi 'rVO.laupun menggunakan bahan bakar jenis MFOMarine Fuel Oil (minyak bakar) dengan menambah suatu treatment tertentu (Settling tank- Pump system - Pre-heater -Fuel Oil Treatment Plant with Centrifugal Separator- Service tank- Diesel Engine) yang memerlukan biaya investasi a'rVO.l relatif cukup tinggi. Treatment system pada fuel oil ini harus dapat menjamin kemampuan mendapatkan bahan bakar yang sesuai dengan spesijikasi yang di minta oleh pabrik pembuat motor diesel, agar mendapatkan pembakaran yang baik dan mengurangi kerosalcan serta mencegah terjadinya korosi pada ruang bakar (combustion chamber) diesel engine, percepatan kerosakan dalam komponen diesel engine diantaranya. Kemudahan pengoperasian dan efisiensi yatlg balk pada centrifuge separator meropakan salah satu parameter untuk mendapatkan kualitas bahan ba/car yang baik. Selanjutnya dalam penulisan tugas akhir ini akan dilakukan suatu studi penggunaan heavy oil centrifuge separator generasi terbaro dalam suatu treatment system bahan balcar pada sebuah kapal yang menggunakan bahan bakar minyak diesel (MDF-Marine diesel Fuel) dan menggunakan manual -cleaning centrifuge. Pembahasan masalah akan didekati dengan
mempelajari ejisiensi centrijiJgal separator dengan mengambil suatu sampel bahan ba/car sebelum melalui separator dan sesudah mele'rVO.ti separator dalam suatu pelayaran kapal tersebut. Selanjutnya sampel bahan bakar akan dianalisa karakteristik dan kadar kandungannya pada /aboratorium bahan bakar PDN Pertamina dan selanjutnya data-data hasil pengujian akan dibanding/can dengan pengujian yang sudah dilakukan pembuat centrifuge separator.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSKe 623.87 Tam s
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM731 Marine Engines
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 05 Nov 2018 02:47
Last Modified: 05 Nov 2018 02:50
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59784

Actions (login required)

View Item View Item