Analisa Pemasangan Fins Pada Boss Cap Propeller Untuk Meningkatkan Efisiensi Propeller Dengan Percobaan Di Cavitation Tunnel

Sandjaja, Irfan Eko (1997) Analisa Pemasangan Fins Pada Boss Cap Propeller Untuk Meningkatkan Efisiensi Propeller Dengan Percobaan Di Cavitation Tunnel. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4193100059-.pdf]
Preview
Text
4193100059-.pdf - Published Version

Download (63MB) | Preview

Abstract

Propeller Screw Dalam Bcberapa Dekade Tcrakhir Ini Masih Cukup Relevan Digunakan Sebagai Salah Satu Alat Propulsi Penggerak Kapal I Aut . Bila Dibandingkan Dengan Alat Penggerak Lainnya Seperti : Paddle Wheel, Water Jet, Hovercraft Dan Jain Lainnya Propeller Ini Mempunyai Beberapa Kelebihan Diautaranya Yaitu: Teknologinya Rel~Tif Mudah ( Umum ), Murah, Dan Mudah Pcngoperasiannya. Dalam Merenc~Nakan Propeller Faktor-Faktor Yang Harus Diperhatikan Adalah :
- Beban J-Lropeller ( Propeller Loading )
- Efisien~I Dan Diameter Propeller
- Permasalahan Kavitasi Propeller (Noise, Vibrasi, Dan Erosi)
Kavitasi Sebagai Salah Satu Batasan Dalam Merencanakan Propeller Haruslah Mendapatkan Perhatian Khusus. Kavitasi Adalah Suatu Phenomena Perubahan Dari Aliran Fluida Yang Ditandai Timbulnya Gelembung-Gelembung Air Bcrtekanan Tinggi Pada Bidang Yang Mempunyai Tekanan Mendekati Tekanan Uap Jenuh Air, Salah Satu Effek Karena Adanyak Avitasi Adalah Menurunnya Kinerja Propeller ( Propeller Breakdown ). Pada Pcnulisan Skrepsi Ini Akan Dibahas Salah Satu Kavitasi Yang Terjadi Di Daerah Celah Antara P!.Mg~Al ( Root ) Dari Propeller Dengan Hub Propeller Yaitu Hub Vortex Cavitation. Kavitasi Ini Terjadi Di Dalam Pusaran Yang Ditimbulkan Pada Waktu Dam1 Propeller Berputar Pada Porosnya, Bentuk: Pusarannya Seperti Tali Yang Dipilin Dengan Jumlah Pili Nan Sama Denganjumlah Daun Propeller. Pada Prij<Sipnya Efisiensi Propeller Dalam Bentuk Apapun Akan Dapat Ditingkatkan Apabila Besarnya Energi Yang Terbuang Dapat Dikurangi, Hal Ini Sangat Relevan Untuk Dipakai Sebagai A Kuan Memodifikasi Propeller Konvcnsional Ini. Energi Yang Terbuang Baik Dalam Bentuk Pusaran/Vortex Dan Kavitasi Harus Ditekan Sekecil Mungkin Yaitu Dengan Jalan Memperbaiki Aliran Di Sekitar Hub/Boss Propeller Dan Menekan Terjadinya Pusaran Aliran Vortex Pada Daerah Tersebut Dengan Pemasangan Fins Atau Sirip Pada Boss Cap Yang Dikenal Dengan Propeller Boss Cap Fins ( Pbcf ), Jumlah Finnya Sama Denganjumlah Daun Propeller Dan Berputar Bersama-Sama. Selain Meningkatkan Efi.Siensi, Keuntungan Lain Pbcf Ini Ialab Mudah Dan Cepat Memasangnya, Sederhana Teknologinya Sehingga Biayanya Murah Serta Dapat Dipakai Untuk Propeller Baru Maupun Propeller Lama ( Modifikasi ). Untuk N:Tcndapatkan Konfigurasi Fins Optimum Maka Percobaan Pbcf Ini Dilakukan Di Cavitation Tunnel ( Terowongan Kavitasi ), Dengan Mencatat Seberapa Besar Pengaruh Pema"'Angan Fins Terhadap Besamya Thrust ( Gaya Dorong) Lang Dihasilkan Oleh Model Propeller.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSKe 623.873 San a
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM751 Resistance and propulsion of ships
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM773 Ship propulsion, Electric
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 31 Oct 2018 04:08
Last Modified: 31 Oct 2018 04:08
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59791

Actions (login required)

View Item View Item