Rancang Bangun Perangkat Lunak Untuk Mengubah Model 3 Dimensi Menjadi G-CODE Bagi Mesin CNC

Tandawidjaja, Stefan Feliciano (2015) Rancang Bangun Perangkat Lunak Untuk Mengubah Model 3 Dimensi Menjadi G-CODE Bagi Mesin CNC. Undergraduate thesis, Institut Technology Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2211100093-Undergradute Thesis.pdf]
Preview
Text
2211100093-Undergradute Thesis.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Mesin CNC adalah mesin yang pergerakan dan fungsi dari tool–
toolnya dikontrol melalui sebuah program yang berisi kode data
alfanumerik. Teknologi seperti CNC dapat dimanfaatkan bidang industri
khususnya industri kreatif yang identik dengan benda atau produk yang
berbentuk unik dan kompleks dalam jumlah yang banyak. Mesin CNC
sangat dibutuhkan karena dewasa ini, kebutuhan dan permintaan akan
benda atau produk yang memiliki nilai seni semakin meningkat. Produkproduk
seni sangat dibutuhkan pada berbagai bidang, khususnya pada
bidang disain interior yang menghasilkan produk, yang biasanya berupa
furnitur, dengan motif dan bentuk yang unik.
Perangkat lunak dirancang menggunakan integrated
development environment atau IDE berupa Lazarus untuk membaca data
berupa vertex dan face dari model 3 dimensi yang dibangun pada
perangkat lunak animasi Blender. Data yang didapat, kemudian akan
diolah menjadi titik-titik koordinat kartesian yang berfungsi sebagai jalur
pergerakan tool dari mesin CNC. Dengan koordinat kartesian yang
didapat, G-code yang sesuai akan dihasilkan untuk disimulasikan pada
perangkat lunak untuk simulasi msin CNC, yaitu OpenSCAM, sebelum
diberikan pada mesin CNC.
Pengujian dilakukan pada 8 buah data yang merupakan grafis
komputer 3 dimensi yang dikelompokkan pada tiga kategori, yaitu model
sederhana, model dengan tingkat kerumitan sedang, dan model kompleks.
Waktu proses mesin CNC rata-rata ketiga kategori pada material
berbahan medium density fibreboard atau MDF dengan luas 30 cm x 30
cm adalah 535 detik, 1361 detik, dan 3236 detik.
=======================================================================================================
A CNC machine is a machine which tools’ movements and
functions are controlled by a program that contains alphanumeric data
code. Technology like the CNC can be used on many industrial field,
especially in the creative industry known for its unique and complex
product in a large amount. CNC machine are needed nowadays because
the demand for products with artistic values are increasing. Products ith
artistic values are needed on many fields, especially interior design,
which produce product, usually furnitures, with unique form and motif.
To simplify the process of cutting or forming the motif and form, a
software is designed in this thesis.
Software are designed using integrated development
environment or IDE, Lazarus, to read vertex and face data from 3-D
models constructed from animation software, Blender. The acquired data
are then processed and converted to Cartesian coordinates which
function as a toolpath for CNC machine. With the acquired Cartesian
coordinates, the G-code will be simulated on a CNC simulator,
OpenSCAM, before fed to the CNC Machine.
The experiments are conducted on eight piece of data which are
3-D computer graphics that are grouped into three categories, simple
model, medium complexity model, and complex model. The average CNC
machine process time for the three categories on a medium density
fibreboard or MDF with 30 cm x 30 cm size are 535 seconds, 1361
seconds, and 3236 seconds.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSE 005.12 Tan r
Uncontrolled Keywords: CNC, Perangkat Lunak, Model 3-D.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.754 Software architecture. Computer software
Divisions: Faculty of Electrical Technology > Electrical Engineering > 20201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 15 Oct 2018 06:47
Last Modified: 15 Oct 2018 06:47
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59865

Actions (login required)

View Item View Item