Model sumulasi diskrit perancangan jadwal untuk penentuan jumlah perjalanan maksimum kereta api barang jalur ganda Surabaya-Jakarta

Husna, Nabilla (2015) Model sumulasi diskrit perancangan jadwal untuk penentuan jumlah perjalanan maksimum kereta api barang jalur ganda Surabaya-Jakarta. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2511100017-Undergraduate_Theses-ok.pdf] Text
2511100017-Undergraduate_Theses-ok.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Angkutan kereta api di Indonesia dikelola oleh PT Kereta Api Indonesia (PT
KAI). PT KAI mengelola pengoperasian kereta api dalam tiga bentuk layanan
transportasi. Penelitian ini berfokus pada penggunaan jalur ganda kereta api di Indonesia
yang digunakan untuk melakukan pengiriman barang. Obyek amatan penelitian ini adalah
jalur ganda untuk rute Surabaya – Jakarta meliputi stasiun Kalimas Surabaya hingga
stasiun Kapas di Bojonegoro. Penelitian ini digunakan untuk membandingkan waktu
tempuh kereta api setelah menggunakan jalur ganda. Metode penyelesaian yang
digunakan pada penelitian ini adalah simulasi dengan menggunakan perangkat lunak
Arena 14.0. Skenario yang dirancang digunakan untuk mengukur kemampuan maksimum
dari perjalanan kereta api setiap harinya. Penelitian ini menguji rancangan jadwal baru
dalam empat skenario berbeda. Setiap skenario 1,2,dan 3 masing-masing menambahkan
1,2, dan 3 kali tambahan perjalanan yang akan dilakukan kereta api. Hasil dari simulasi 4
skenario tersebut akan dibandingkan untuk melihat pengaruh penambahan jadwal
terhadap waktu tempuh kereta api. Hasil dari perbandingan 4 skenario itu, diputuskan
bahwa dengan semakin banyaknya jumlah perjalanan kereta api, maka akan membuat
waktu tempuh dari stasiun awal ke stasiun tujuan menjadi lebih panjang. Semua skenario
tersebut juga dibandingkan dengan jumlah perjalanan yang dihasilkan dari setiap kereta
api untuk memperkirakan jumlah pengiriman barang yang dapat dilakukan. Dari 14
kereta api barang yang digunakan sebagai obyek amatan diputuskan bahwa, dalam sehari
sebenarnya kereta tersebut masih mampu melakukan perjalanan hingga 2 kali sehari
dilihat dari segi waktu tempuhnya.

=============================================================================================

Train transportation in Indonesia is maintained by PT Kereta Api Indonesia (PT
KAI). PT KAI takes the responsibility to control the operational of train in three different
ways of mass transportation. This research is focusing on usage of double track for
logistic train in Surabaya – Jakarta from Surabaya Kalimas station to Bojonegoro Kapas
station. This research compares the travelling time of logistic train after using double
track. The solving method of this research is simulation method that uses Arena 14.0
software for generate the simulation discrete model. The scenario will use for measuring
maximum ability of train travelling each day. This research tests 4 different scenarios of
new plan in scheduling of train’s departure. For each scenario 2,3 and 4 will add 1,2, and
3 times new travelling schedule for each logistic train. The result from 4 scenarios will be
compared to identified the affect of create new schedule for train travelling time. Based
on the results in comparing 4 different scenarios, decides that more schedule of
travelling time for logistic train can cause the travelling time from beginning station to
end station becomes longer. All of scenarios also compare with number of train trip from
the new schedule of departure. From 14 logistic train that becomes experiment object
decides that actually the train can travel until 2 times each day based on travelling time of
the train.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSI 658.403 52 Hus m
Uncontrolled Keywords: simulasi; waktu tempuh; jalur ganda
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD56.25 Industrial efficiency--Measurement. Industrial productivity--Measurement.
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering > 26201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: - Taufiq Rahmanu
Date Deposited: 16 Oct 2018 04:04
Last Modified: 16 Oct 2018 04:04
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59872

Actions (login required)

View Item View Item