Perancangan Dan Pembuatan Perangkat Lunak Visualisasi Optimasi Tak Linier Sebagai Alat Bantu Kuliah Optimasi

Hidajatiningsih, R. Nanik (1999) Perancangan Dan Pembuatan Perangkat Lunak Visualisasi Optimasi Tak Linier Sebagai Alat Bantu Kuliah Optimasi. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2690100042.pdf]
Preview
Text
2690100042.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview

Abstract

Optimasi merupakan salah satu mata kuliah yang diperoleh mahasiswa teknik komputer. Mata kuliah optimasi secara garis besar membahas cam pencarinn nilai maksimum dan minimun dari suatu fungsi. Pada tugas akhir ini penulis hanya membatasi pada fungsi-fungsi tak linier.
Bila pencarian nilai optimal dilakukan secara manual, tentunya akan membutuhkan waktu yang cukup lama Karena waktu yang tidak mencukupi itu seringkali mahasiswa tidak berhasil memperoleh nilai optimal yang diharapkan. Pencarian ini kadang-kadang sampai beberapa kali iterasi, sehingga waktu yang diperlukan memang cukup lama.
Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan suntu aplikasi komputer yang dapat memvisualisasikan pencarian nilai optimal sekaligus memperlihatkan bentuk fungsi. Dalam tugas akhir ini penulis hanya menampilkan bentuk fungsi pada fungsi-fungsi satu dimensi.
Pembuatan aplikasi komputer tersebut diharapkan dapat membantu penyampaian materi dalam kuliah optimasi. Semoga mahasiswa dapat memperoleh gambaran yang lebih jelas, sehingga lebih mengerti dan memahami materi kuliah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIF 005.1 Hid p
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.758 Software engineering
Divisions: Faculty of Information and Communication Technology > Informatics > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 19 Oct 2018 02:56
Last Modified: 19 Oct 2018 02:56
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59875

Actions (login required)

View Item View Item