Analisis Teknis Dan Ekonomis Pengadaan Kapal Ikan Yang Sesuai Untuk Pantai Boom - Kotamadya Pekalongan

Winarto, . (2001) Analisis Teknis Dan Ekonomis Pengadaan Kapal Ikan Yang Sesuai Untuk Pantai Boom - Kotamadya Pekalongan. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4195100009.pdf]
Preview
Text
4195100009.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview

Abstract

Dalam perencaan awal sebuah kapal penangkap ikan, pertama yang harus
diketahui adalah seberapa besar potensi perikanan pada daerah yang ditentukan ( Fishing Ground), dengan mengetahui potensi tersebut akan dapat dipakai sebagai pertimbangan baik dari segi teknis maupun ekonomis oleh pihak pengambil kepulusan.
Hal yang lain adalah harus mengetahui kondisi dimana kapal ini akan
mendaratkan hasil Jangkapan ( dalam hal ini adalah tempat TPJI tempat pelelangan ikan). Dari sisi teknis diantaranya untuk mengetahui kedalaman perairan sebagai penambatan kapal, fasilitas yang akan dipunyai untuk perbekalan melaut seperti: bahan bakar, air tawar, makanan dan lain-lain. Dari sisi ekonomis adalah TP 1 sebagai tempat untuk menjual hasil tangkapan.
Ukuran utama kapal ditentukan dengan memakai metode regresi, dengan metode ini kita dapat mengetahui kecenderungan ukuran utama kapal-kapal yang memdaratkan hasil tangkapan pada TP I yang dipilih. Sehingga ukuran utama yang diperoleh mengikuti kecenderungan kapal-kapal tersebut. Untuk pertimbangan dalam hal kemudahan operasioanal kapal, tetap mengikuti kapalkapal pada daerah dimana kapal akan beroperasi.
Sebagai alat untuk mengukur tingkat kelayakan suatu kapal yang akan dibangun dari segi ekonomis memakai metode perhitungan IRR (Internal Rale of Return), IRR dipakai sebagai acuan pembanding dengan bunga komersiil yang beredar (I). bila lRR > I berarti investasi menguntungkan dan untuk melihat berapa lama investasi akan kembali dipakai methode NPV (Net Present Value) dengan cara perhilungan yang berulang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPe 623.820 2 Win a
Subjects: V Naval Science > VM431 Fishing boats
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 19 Oct 2018 02:22
Last Modified: 19 Oct 2018 02:22
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59880

Actions (login required)

View Item View Item