Peramalan Ketinggian Gelombang Berdasarkan Kecepatan Angin Dengan Metode Fungsi Transfer Dan Adaptive Neuro Fuzzy Inference System (ANFIS)

Fauzia, Rizka (2015) Peramalan Ketinggian Gelombang Berdasarkan Kecepatan Angin Dengan Metode Fungsi Transfer Dan Adaptive Neuro Fuzzy Inference System (ANFIS). Undergraduate thesis, Institut Technology Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 1311100126-Undergradaute Thesis.pdf]
Preview
Text
1311100126-Undergradaute Thesis.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Angin merupakan aliran udara dari suatu tempat ke tempat yang lain. Angin terjadi karena adanya perbedaan tekanan udara dan suhu udara pada suatu wilayah. Kondisi angin yang belakangan ini semakin tidak menentu menyebabkan aktifitas laut di beberapa lepas pantai mengalami gangguan misalnya gelombang tinggi yang sering terjadi. Pantai Panceng, di kabupaten Gresik merupakan pantai dengan gelombang yang besar, sehingga rawan erosi pantai dan banjir. Salah satu cara untuk memprediksi gelombang tinggi adalah dengan melakukan peramalan. Model Fungsi Transfer adalah suatu model yang menggambarkan nilai prediksi dari suatu time series yt (gelombang laut) berdasarkan pada nilai-nilai masa lalu dari deret waktu itu sendiri dan pada data time series lain yang mempunyai hubungan (deret input xt yaitu kecepatan angin). Selain itu, ketinggian gelombang juga diprediksi dengan metode ANFIS. Tujuan utama dari kedua pemodelan ini adalah untuk menetapkan model terbaik yang dapat digunakan untuk meramalkan ketinggian gelombang berdasarkan kecepatan angin. Kriteria pemilihan model terbaik berdasarkan kriteria RMSE. Hasil analisis menunjukkan bahwa metode Fungsi Transfer adalah model terbaik untuk ketinggian gelombang pada Pengamatan Pukul 23.00-13.00. Sedangkan ANFIS lebih cocok digunakan untuk meramal pada data pada Pengamatan Pukul 14.00-22.00 dengan jenis fungsi keanggotaan yang meminimumkan nilai RMSE yaitu jenis Gaussian MF
====================================================================================================
Wind is the flow of the air from one place to another. The wind occurs because of differences in air pressure and air temperature in a region. Wind conditions are increasingly uncertain in recent cause marine activity in some offshore disorders eg frequent high waves. Panceng Beach, in Gresik is a beach with great waves, so prone to coastal erosion and flooding. One way to predict the wave height is to do forecasting. Transfer Function Model is a model that describes the predictive value of a time series (series output or yt) based on past values of the time series itself (yt) and also based on time series data have a relationship (sequence input or xt with a series of output). In addition, the wave height was also predicted by ANFIS method. The main aim of both these modeling is to establish the best model that can be used to predict wave height based on wind speed. Criteria for selecting the best model based on criteria RMSE. The results showed that the method Transfer function is the best model for the wave height at 11 p.m. to 13:00 o'clock observation. While ANFIS is more suited to predict the data that has been stationary ie at 14:00 to 22:00 o'clock Observations with the type of membership function that minimizes the RMSE values that kind of Gaussian MF.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSt 511.326 Fau p
Uncontrolled Keywords: ANFIS, fungsi transfer, Kecepatan Angin, Ketinggian Gelombang, peramalan
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
Divisions: Faculty of Mathematics and Science > Statistics > 49201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 23 Nov 2018 02:54
Last Modified: 23 Nov 2018 02:54
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/59994

Actions (login required)

View Item View Item