Analisis Positioning Pasta Gigi Merek “SIWAK F HERBAL” Terhadap Beberapa Merek Pesaing Studi Kasus Di Kelurahan Keputih Surabaya

Amin, Muhammad Khoirul (2015) Analisis Positioning Pasta Gigi Merek “SIWAK F HERBAL” Terhadap Beberapa Merek Pesaing Studi Kasus Di Kelurahan Keputih Surabaya. Diploma thesis, Institut Technology Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 1312030073-Non Degree.pdf]
Preview
Text
1312030073-Non Degree.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pasta gigi merupakan produk yang menjadi andalan konsumen
untuk memelihara kesehatan serta kebersihan mulut dan gigi. Indonesia
merupakan Negara yang mayoritas penduduknya adalah beragama islam.
Hal tersebut yang menjadikan peluang pasar bagi PT Miswak Utama untuk
mengeluarkan produk pasta gigi yaitu “Siwak F Herbal” yang merupakan
produk pasta gigi siwak pertama dan satu-satunya di Indonesia. Namun di
Indonesia terdapat 4 merek pasta gigi yang menjadi top brand di tahun
2014 diantarannya Pepsodent, Ciptadent, Close up, dan Formula. Oleh
karena itu pada penelitian ini ingin mengetahui posisi dari pasta gigi merek
Siwak F Herbal terhadap ke-4 merek pasta gigi yang masuk dalam kategori
top brand tersebut menggunakan analisis positioning. Salah satu metode
untuk mendapatkan peta posisi suatu atribut/merek terhadap variabel adalah
analisis biplot. Sehingga dengan melihat secara visual dari peta posisi, akan
dapat dilihat kedekatan antara variabel-variabel atribut positioning terhadap
tiap merek pasta gigi yang di analisis. Dari analisis biplot diperoleh bahwa
PT.Miswak harus lebih meningkatkan atribut harga, mudah didapat,merek
terkenal dan iklan menarik. Hasil analisis thurstone diperoleh bahwa
konsumen pasta gigi lebih memilih keamanan dan kualitas jika
dibandingkan dengan harga. Hal tersebut dapat diketahui dari faktor harga
yang terjangkau berada di urutan ke delapan.
=====================================================================================================
Toothpaste is a product that is a mainstay of consumers to
maintain health and hygiene of the mouth and teeth. Indonesia is a country
that the majority of the population is Moslem. This is what makes a market
opportunity for PT Miswak Main to remove toothpaste products is " Siwak
F Herbal" which is a product of toothpaste Siwak first and the only one in
Indonesia. But in Indonesia there are four brands of toothpaste which
became a top brand in 2014 including Pepsodent, Ciptadent, Close up, and
Formula. Therefore, in this study wanted to know the position of the
toothpaste Siwak-F Herbal brand to all 4 toothpaste brands that fall into
the category of top brand positioning analysis. One method to obtain a map
of the position of an attribute / brand to variable is biplot analysis. So that
the visual look of the map position, will be able to see the closeness
between the variables positioning attributes to each brand of toothpaste in
the analysis. Of biplot analysis shows that PT.Miswak should further
improve the attributes of price, easily accessible, well-known brand and
attract advertising. Thurstone Test results showed that consumers prefer
toothpaste safety and quality when compared to the price. It can be known
from the factor at an affordable price was at number eight.
==========

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: RSSt 519.535 Ami a
Uncontrolled Keywords: Biplot, Pasta Gigi, Positioning, Thurstone
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA278 Cluster Analysis. Multivariate analysis. Correspondence analysis (Statistics)
Divisions: Faculty of Mathematics and Science > Statistics > 49401-(D3) Diploma 3
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 03 Dec 2018 04:40
Last Modified: 03 Dec 2018 04:40
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/60065

Actions (login required)

View Item View Item