Rancang ulang mesin pemotong untuk talas, singkong, pisang tinjauan terhadap elemen transmisi, pasak, dan bantalan

Sandi, Wahyudi Tri Aris (2019) Rancang ulang mesin pemotong untuk talas, singkong, pisang tinjauan terhadap elemen transmisi, pasak, dan bantalan. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 10211500000102-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
10211500000102-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penerapan Teknologi Tepat Guna di masyarakat sering sekali tidak dapat berjalan dengan baik dikarenakan problem teknis dan non teknis. Permasalahan terjadi pada UD Fari yang memproduksi kripik singkong , dimana terdapat mesin yang tidak dapat bekerja dan memerlukan perbaikan. Perbaikan akan dilakukan dan dengan memerhatikan keinginan-keinginan pelaku usaha. Oleh karena itu diperlukan perbaikan dengan jalan perancangan ulang (redesign) dan dengan memperhatikan keinginan mitra supaya operasional mesin menjadi lebih mudah.
Dengan melihat pada kondisi mesin yang ada pada UD Fari dimana mesin pemotong tersebut tidak dapat difungsikan dengan semestinya, setelah dilakukan pengamatan terdapat kerusakan pada reducer akibat kurang memerhatikan kondisi oli yang ada didalamnya. Kemudian dilakukan perancangan gambar pada mesin yang akan dilakukan perubahan sesuai dengan permintaan pelaku usaha UD Fari dengan mengurangi panjang pada hopper, dan penggunaan motor listrik pada penggeraknya, dan dapat digunakan juga untuk memotong talas, singkong, dan pisang. Kemudian setelah dilakukan redesain dapat dilakukan uji coba pada mesin pemotongan tersebut.
Pada uji coba mesin pemotongan tersebut dihasilkan potongan dengan ketebalan hasil potong talas 2 mm, singkong 1 mm dan pisang 3 mm. Rancang ulang mesin pemotong tersebut mendapatkan perhitungan poros berdiameter 30 mm, dimensi pasak 7,5 mm, diameter pulley 76,2 mm, panjang sabuk 1569 m dan bearing menggunakan jenis Single Row Deep Gove Ball Bearing.
==========================================================================
Applying Efficient Technology in public is usually cannot work well because of the technical and non-technical problem. Thus, what happened in UD “FARI” which produces cassava chips, which machines are cannot work and need improvement. The improvement will do and pay attention to what businessmen wants. Therefore it is necessary to repair the redesign by considering the willingness of partners to make the machine operation easier.
By looking at the existing engine conditions in UD Fari where the cutting machine cannot be functioned properly, after observation there is some damage in reducer cause of less attention to the oil conditions on it. Then continue to design on the machine that will be changed corresponding to the demand of businessmen of UD Fari by reducing the length on the hopper, and the use of electric motors on the activator, and also can be used to cut taro, cassava, and banana. Afterwards the redesign can be tested on the cutting machine.
The trial of the cutting machine is produced pieces with a thickness of 2 mm taro cut, 1 mm cassava cut and 3 mm banana cut. The redesign of the cutting machine receives a 30 mm diameter pivot calculation, 7.5 mm diameter dimension, 76.2 mm diameter of the belt, 1569 m belt length and bearing using Single Row Deep Gove Ball Bearing type.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: RSMI 621.93 San r
Uncontrolled Keywords: Mesin Pemotong, hopper, pisang, talas, singkong
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ1230 Cutting and sawing machinery
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ230 Machine design
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21401-(D3) Diploma 3
Depositing User: Wahyu .
Date Deposited: 18 May 2021 08:02
Last Modified: 06 Aug 2021 05:21
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/60091

Actions (login required)

View Item View Item