Deteksi Hubung Singkat Pada Trafo 3 Fasa Menggunakan Tegangan Uji Surja

Anggoro, Prasetyo Tri (2018) Deteksi Hubung Singkat Pada Trafo 3 Fasa Menggunakan Tegangan Uji Surja. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 07111440000072-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
07111440000072-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Hubung singkat merupakan sebuah gangguan yang sering terjadi pada peralatan listrik salah satunya pada trafo 3 fasa. Dalam mencegah hal tersebut, tegangan uji surja dapat digunakan sebagai metode untuk mendeteksi adanya hubung singkat pada trafo tersebut dengan cara menginjeksikan tegangan surja ke belitan trafo yang ingin dideteksi. Berdasarkan Berdasarkan IEEE 522, tegangan yang digunakan pada objek uji sebesar 5pu atau 1551V namun karena peralatan hanya terbatas pada 1200V sehingga tegangan yang digunakan sebesar 1000V. Setelah itu tegangan surja menyuplai trafo 3 fasa dan hasil respon tegangannya diidentifikasi dengan membandingkan pada kondisi normal dan kondisi gangguan menggunakan metode L-L EAR dan Test-Ref EAR (Error Area Ratio). Dimana metode tersebut merupakan metode yang melihat secara kuantitatif perbedaan dari kedua gelombang sehingga akan didapatkan sebuah nilai yang merepresentasikan seberapa besar gangguan hubung singkat yang terjadi dengan standar yang telah ditentukan. Hasil yang didapat adalah terdapat perbedaan bentuk gelombang surja ketika trafo dalam keadaan normal dengan keadaan diberi hubung singkat. Sehingga hubung singkat dapat dideteksi dengan membandingkan nilai EAR dengan standar yang ada. Selain itu frekuensi gelombang surja akan meningkat seiring dengan meningkatnya persentase hubung singkat yang diberikan dan tren dari nilai EAR akan terus naik seiring dengan meningkatnya persentase fault yang diberikan tetapi tidak linier.
===========================================================================

Short circuit is a fault which is occurred in electric equipment frequently such as 3-Phase Transformer. To prevent it, surge voltage can be used as a method to detect short circuit in winding of transformer by injecting surge voltage to its winding which wants to be detected. According to IEEE 522, voltage which is used to the object is 5pu equal to 1551V but the voltage rating which can be injected by the equipment of surge test is 1200V. as a result, the voltage which is used is 1000V. then, surge voltage supplies 3-Phase Transformer and the result of surge response can be identified by comparing normal surge wave to fault surge wave with L-L EAR and Test-Ref EAR (Error Area Ratio) which is a method to compare the difference of both wave quantitatively resulting a value which represents short circuit value based on standard. As a result, there is difference of normal surge wave and fault surge wave. So that, short circuit can be detected by comparing value of EAR to the standard. Besides, frequency of surge wave will be increased as long as increasing of percentage of fault and percentage of EAR will be increased too as long as percentage of fault is increased although it is not linear.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSE 621.314 Ang d
Uncontrolled Keywords: Trafo 3 Fasa, Hubung Singkat, L-L EAR, Test-Ref EAR
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK6565.T7 Transformers
Divisions: Faculty of Electrical Technology > Electrical Engineering > 20201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Prasetyo Tri Anggoro
Date Deposited: 24 May 2021 06:45
Last Modified: 06 Aug 2021 05:32
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/60150

Actions (login required)

View Item View Item