Analisis Struktur dan Sifat Optik Lapisan Tipis Karbon Amorf dari Nira Kelapa

Pamungkas, Diajeng Indraswary (2019) Analisis Struktur dan Sifat Optik Lapisan Tipis Karbon Amorf dari Nira Kelapa. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 01111750010011-Master_Thesis.pdf]
Preview
Text
01111750010011-Master_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Lapisan tipis karbon amorf telah berhasil disintesis dengan menggunakan nira kelapa sebagai bahan dasar. Metode yang digunakan adalah metode pemanasan dengan teknik deposisi spin coating. Variasi yang digunakan dalam penelitian adalah bahan, temperatur dan pelarut. Bahan yang digunakan antara lain nira, legen dan gula kelapa dengan temperatur pemanasan 400°C dan 600°C. Pelarut yang digunakan adalah akuades dan DMSO. Karakterisasi yang digunakan antara lain x-ray difraktometer, FTIR, PES, SEM-EDX, spektroskopi UV-VIS dan metode four-point probe. Pola difraksi menunjukkan terbentuknya puncak lebar pada 2θ = 23° yang menandakan fasa yang terbentuk adalah karbon amorf. Analisis FTIR menunjukkan ikatan molekular yang terkandung dalam sampel dengan pelarut akuades adalah =C-H, C-O, C-H, N-O, C=C dan O-H sedangkan pada sampel dengan pelarut DMSO =C-H, C-O, SO2, S-O, C=C, S-H, C-H dan O-H. Hasil analisis PES menunjukkan konsentrasi konfigurasi sp2 didalam sampel berkisar antara 52%-90%. Hasil analisis EDX menunjukkan bahwa kandungan utama dari keempat sampel adalah karbon dan oksigen selain itu juga terdapat pengotor. Struktur morfologi diketahui melalui karakterisasi SEM menunjukkan struktur lempengan serta bongkahan. Spektroskopi UV-VIS digunakan untuk mengukur energi gap dan menghasilkan 0,6 eV – 1,4 eV. Konduktivitas listrik diukur dengan menggunakan metode four-point probe dan menghasilkan 3,33 S/m – 6,39 S/m.

============================================================================

The amorphous cabon thin films have been successfully synthesized by using coconut sap as raw materials. Method used in this research was hot drying method with spin-coating technique deposition. Variation used were material, heating temperatur and solvent. The materials used include coconut sap, legen and coconut sugar with heating temperatur at 400°C dan 600°C. The solvents used are aquades and DMSO. Characterization used were X-ray Diffractometry, FTIR, PES, SEM-EDX, UV-VIS spectroscopy and four-point probe mehod. Diffraction pattern shows a broad peak at 2θ = 23° indicate the phase formed is amorphous carbon. Based on FTIR analysis shows several molecular bonding on sample with aquades as solvent is =C-H, C-O, C-H, N-O, C=C dan O-H whereas on sample with DMSO as sovent is =C-H, C-O, SO2, S-O, C=C, S-H, C-H dan O-H. PES analysis shows concentration of sp2 configuration resulting in 52%-90%. The EDX analysis shows that the main content of the sample prepared are carbon, oxygen, and minor impurities. The morphological structure obtained from SEM observation shows structures displaying sticky slab and chunk structure. UV-VIS spectroscopy was used to measure the band gap resulting 0,6 eV – 1,4 eV. Electrical conductivity was measure used four-point probe method resulting 3,33 S/m – 6,39 S/m, respectively.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTFi 620.193 Pam a
Uncontrolled Keywords: amorphous carbon, conductivity, gap energy, structure,
Subjects: Q Science > QC Physics > QC457 Infrared technology.
Q Science > QC Physics > QC610.3 Electric conductivity
Divisions: Faculty of Natural Science > Physics > 45101-(S2) Master Thesis
Depositing User: diajeng indraswary
Date Deposited: 24 May 2021 10:11
Last Modified: 06 Aug 2021 05:38
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/60165

Actions (login required)

View Item View Item