Perancangan Filter Bandpass Pada Frekuensi 2.9-3.1 GHz Sebagai Penunjang Kinerja Radar Coastal Di Wilayah Perairan Indonesia

Rohman, Sandy Nur Aulia (2019) Perancangan Filter Bandpass Pada Frekuensi 2.9-3.1 GHz Sebagai Penunjang Kinerja Radar Coastal Di Wilayah Perairan Indonesia. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 07111540000089-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
07111540000089-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah negara kepulauan yang terbesar di dunia. Negara ini terdiri dari kurang lebih 17.500 pulau dari Sabang sampai Merauke. Dengan wilayah yang hampir 2/3 dipenuhi oleh lautan, tak heran jika negara ini dikenal dengan sebutan Negara Maritim. Tidak hanya itu, potensi kelautan Indonesia juga mencapai 70 persen dari wilayah NKRI secara keseluruhan. Namun, dengan kondisi yang seperti itu, justru menjadi ancaman tersendiri bagi keamanan wilayah perairan Indonesia dan potensi kelautan yang ada didalamnya. Mengingat, jumlah kekuatan dari personel gabungan antara Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) yang belum mampu mencukupi kebutuhan untuk mengawasi wilayah perairan Indonesia secara keseluruhan, serta ditambah dengan kondisi ketersediaan alat utama yang dimiliki cukup terbatas untuk mengamankan wilayah perairan Indonesia yang begitu luas.
Dalam Tugas Akhir ini, dibuat salah satu subsistem radar untuk memaksimalkan keluaran dari Signal-to-Noise Ratio, yaitu Filter. Untuk rencana perancangannya menggunakan Bandpass Filter dengan menggunakan teknik Edge-Coupled yang nantinya akan difungsikan untuk dapat bekerja pada frekuensi S-Band atau pada rentang frekuensi 2.9-3.1 GHz. Filter ini dibuat dengan menggunakan material FR-4 Epoxy dan Cooper serta memiliki ukuran yang compact, sehingga diharapkan filter ini mampu bekerja secara optimal untuk membantu kinerja dari Coastal Radar. Adapun simulasi perancangan filter yang dibuat, dilakukan dengan menggunakan software CST Microwave Studio.
===============================================================================================
Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) is the largest archipelago country in the world. This country consists of approximately 17,500 islands from Sabang to Merauke. With an area of almost 2/3 filled with the sea, it is not surprising if this country is known as the Maritime State. Not only that, Indonesia's marine potential also reaches 70 percent of the NKRI region as a whole. However, with such conditions, it becomes a threat to the security of Indonesia's territorial waters and the potential of the sea that is in it. Considering, the amount of strength of joint personnel between the Tentara Nasional Indonesia (TNI) and Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) who havenʻt been able to oversee Indonesia's territorial waters as a whole, and coupled with the condition of the availability of the main equipment owned is limited enough to secure Indonesian waters large.
In this Final Project, one of the radar subsystems is made to maximize the output of the Signal-to-Noise Ratio, namely Filter. For the design plan using Bandpass Filter with Edge-Coupled technique which will be enabled to work on S-Band frequencies or in the 2.9-3.1 GHz frequency range. This filter is made using Epoxy and Cooper FR-4 material and has a compact size, so it is expected that this filter can work optimally to help the performance of Coastal Radar. The filter design simulation was made using CST Microwave Studio software.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSE 621.384 8 Roh p-1 2019
Uncontrolled Keywords: Bandpass Filter, Edge-Coupled, S-Band, Coastal Radar, CST Microwave Studio
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK6592.O6 Optical radar
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5101 Telecommunication
Divisions: Faculty of Electrical Technology > Electrical Engineering > 20201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Sandy Nur Aulia Rohman
Date Deposited: 17 Jun 2021 07:48
Last Modified: 17 Jun 2021 07:48
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/60553

Actions (login required)

View Item View Item