Pengembangan Model Sistem Dinamik Untuk Meningkatkan Aksesibilitas Kendaraan Umum (Studi Kasus : Kota Surabaya)

Audianto, Fadel Say (2019) Pengembangan Model Sistem Dinamik Untuk Meningkatkan Aksesibilitas Kendaraan Umum (Studi Kasus : Kota Surabaya). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05211440000187_Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
05211440000187_Undergraduate_Thesis.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penggunaan moda transportasi merupakan kebutuhan yang sudah tidak dapat digantikan. Kebutuhan akan perpindahan tempat untuk memenuhi aktivitas sangat bergantung kepada moda transportasi yang ada. Hal tersebut berbanding lurus dengan pertumbuhan kendaraan pribadi yang dimiliki oleh masyarakat. Pertumbuhan tersebut dikarenakan masyarakat Indonesia masih menilai bahwa penggunaan kendaraan pribadi masih lebih aman dan nyaman daripada menggunakan transportasi umum yang masih kurang memadai dalam fasilitas dan trayek. Pada Kota Surabaya Aksesibilitas dari Kendaraan Umum kurang, terbukti dengan adanya data Lalu Lintas Harian yang dikeluarkan oleh Dinas Perhubungan Kota Surabaya, rata – rata kendaraan umum yang melewati jalan utama di Kota Surabaya tidak mencapai 5% dari total seluruh jenis kendaraan yang melewati jalan utama di Kota Surabaya.
Hal tersebut yang melatar belakangi dilakukannya penelitian menggunakan sistem dinamik untuk meningkatkan Aksesibilitas Kendaraan Umum di Kota Surabaya. Dengan menggunakan metode model sistem dinamik ini, kita dapat membuat sebuah model nyata dari suatu kasus kemudian melakukan sebuah simulasi untuk melihat keterkaitan antara faktor-faktor dan variabel yang ada didalam sistem tersebut. Dalam penggunaannya, sistem dinamik menggunakan berbagai macam skenario yang dapat memengaruhi jalannya program untuk tahun-tahun berikutnya sehingga digunakan metode permodelan dan simulasi menggunakan Metode Sistem Dinamik. Setelah model sistem dinamik terbentuk akan dilakukan skenariosasi untuk menguji beberapa input yang berbeda untuk mengetahui dampak pada outputnya, sehingga nantinya didapatkan skenario terbaik yang dapat menaikkan aksesibilitas kendaraan umum. Skenario terbaik yang dapat meningkatkan aksesibilitas adalah skenario High Occupancy Vehicle (HOV) Lane yang dapat meningkatkan nilai aksesibilitas rata-rata menjadi 0,32377.
================================================================================================
The use of modes of transportation is a necessity that cannot be replaced. The need for the transfer of places to fulfill activities is highly dependent on existing modes of transportation. This isdirectly proportional to the growthof private vehicles owned by the community. This growth is due to the fact that the Indonesian people stillconsider that the use of private vehicles is still safer and more convenient than using public transportation which is still inadequate in facilities and routes. In the city of Surabaya the accessibility of public vehicles was lacking, as evidenced by thedaily traffic data issued by the Surabaya City Transportation Agency, the average public vehicle passing through the main road in Surabaya City didnot reach 5% of the total types of vehicles that passed City of Surabaya.This is the background of the research conducted using a dynamic system to improve the accessibility of public vehicles in the city of Surabaya. By using this dynamic system model method, we can make a real model of a case and then do a simulation to see the relationship between the factors and variables in the system. In its use, dynamic systems use a variety of scenarios that can affect the course of the program for the following years so that the modeling and simulation methods are used using the Dynamic System Method. After the dynamicsystem model is formed, skenarios will be conducted to test several different inputs to determine the impact onthe output, so that later the best scenario can be obtained which can increase accessibility of public vehicles. The best scenario that can improve accessibility is the High Occupancy Vehicle (HOV) lane that canincreaseaverageaccessibility values by 0,32377

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSI 519.703 Aud p-1 2019
Uncontrolled Keywords: Aksesibilitas, Transportasi Umum, Sistem Dinamik, Accessibilty, Public Transportation,Dynamic System
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T57.62 Simulation
T Technology > T Technology (General) > T57.83 Dynamic programming
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
Divisions: Faculty of Information and Communication Technology > Information Systems > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Fadel Say Audianto
Date Deposited: 08 Jul 2021 03:38
Last Modified: 08 Jul 2021 03:38
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/60788

Actions (login required)

View Item View Item