Analisa Performa Motor Diesel dengan Penggunaan Air Humidifier pada Intake Port untuk Mereduksi Emisi NOx Berbasis Eksperimen

Firnanda, Oky Mahardika (2018) Analisa Performa Motor Diesel dengan Penggunaan Air Humidifier pada Intake Port untuk Mereduksi Emisi NOx Berbasis Eksperimen. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4213100068-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
4213100068-Undergraduate_Theses.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Polusi udara merupakan masalah yang masih belum dapat teratasi hingga saat ini. Penyumbang terbesar yaitu dari gas buang alat transportasi diantaranya kapal laut. Jenis emisi gas buang yang berbahaya salah satunya NOx karena sangat berdampak pada kehidupan manusia. Beberapa teknologi yang ditawarkan untuk mereduksi NOx adalah menurunan atau meningkatkan kelembaban udara. Air Humidifier merupakan teknologi pereduksi NOx pada motor diesel. Cara kerja Air Humidifier yaitu dengan menambahkan kadar air kedalam ruang bakar melalui Intake Port. Hal ini dapat menurunkan temperatur pembakaran adiabatik dan mengurangi reaksi oksigen pada nitrogen. Metode ini dapat menghambat pembentukan NOx selama proses pembakaran karena reaksi pembentukan NOx terjadi pada temperatur tinggi. Penggunaan Air Humidifier memiliki beberapa dampak lain seperti performa motor menurun, SFOC meningkat dan perubahan proses pembakaran. Penelitian ini dilakukan dengan eksperimen. Eksperimen dilakukan menggunakan motor diesel satu silinder tipe SHANGHAI R180 dengan melakukan beberapa variasi terhadap beban. Hasil eksperimen performa menunjukkan bahwa penggunaan Air Humidifier pada 1800 RPM dengan beban maksimum mengalami kenaikan sebesar 31%. Power yang dihasilkan mengalami penurunan rata-rata pada semua RPM dengan beban maksimum turun 2.28%, sedangkan Torsi yang dihasilkan rata-rata mengalami penurunan 2% dan BMEP rata-rata mengalami penurunan sebesar 1%. Sedangkan hasil emisi NOx mampu berkurang hingga 0.328 g/kWh, atau tereduksi sebesar 23%.
================================================================================================
Air pollution is a problem that still can not be solved until now. The biggest contributor is from the exhaust of transportation equipment such as ships. Types of harmful exhaust emissions one of them NOx because it is very impact on human life. Some technologies offered to reduce NOx are decreasing or increasing air humidity. Air Humidifier is a NOx reducing technology in diesel engine. How to work Air Humidifier is by adding moisture content into the combustion chamber on Intake Port. This can lower the temperature of adiabatic combustion and reduce the oxygen reaction in nitrogen. This method can inhibit the formation of NOx during the combustion process because the NOx-forming reaction occurs at high temperatures. The use of Air Humidifier has several other impacts such as decreased engine performance, increased SFOC and burning process changes. The experiments were performed using a SHANGHAI R180 single-cylinder diesel motor by performing some variations on the load. The results of the performance experiments show that the use of Air Humidifier at 1800 RPM with maximum load increased by 31%. The resulting power decreased on average for all RPMs with the maximum load down 2.28%, while the average torque decreased 2% and the average BMEP decreased by 1%. While the results of NOx emissions can be reduced to 0.328 g / kWh, or reduced by 23%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSP 628.53 Fir a-1 2019
Uncontrolled Keywords: Air Humidifier, Intake Port, Performa Motor, Emisi, NOx
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD883.5 Air--Pollution
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Oky Mahardika F
Date Deposited: 26 Jul 2021 08:23
Last Modified: 26 Jul 2021 08:23
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/61011

Actions (login required)

View Item View Item