Perencanaan Ulang Pembangunan Jalan Tol Pandaan - Malang Ditinjau dari Segi Ekonomi dan Finansial

Sari, Nur Fajar Aprilia (2019) Perencanaan Ulang Pembangunan Jalan Tol Pandaan - Malang Ditinjau dari Segi Ekonomi dan Finansial. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03111540000152-Undegraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
03111540000152-Undegraduate_Theses.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Perencanaan pembangunan Jalan Tol Pandaan – Malang memerlukan pertimbangan ekonomi dan finansial untuk menghindari adanya penanaman modal yang terlalu besar. Analisis kelayakan ini sangat penting bagi masyarakat pengguna jalan, pemerintah, dan investor. Pertimbangan ekonomi dibutuhkan untuk mengetahui manfaat dari adanya Jalan Tol Pandaan - Malang terhadap masyarakat sekitar, sedangkan pertimbangan finansial dibutuhkan sebagai acuan dalam investasi agar jalan tol ini merupakan perencanaan yang efisien. Oleh karena itu perlu dilaksanakan studi kelayakan dari adanya Jalan Tol Pandaan – Malang agar mengetahui apakah jalan tol ini layak untuk dibangun.
Pada tugas akhir ini, akan dianalisis kelayakan Jalan Tol Pandaan – Malang dengan merekapitulasi data-data volume kendaraan di jalan eksisting jalan dari Kecamatan Pandaan sampai Kota Malang dengan pembagian ruas tertentu yang nantinya akan memberikan pengaruh terhadap jalan tol rencana. Data-data ini berupa data sekunder dari survey traffic counting, yang didapatkan dari Laboratorium Perhubungan Departemen Teknik Sipil ITS. Kemudian menghitung derajat kejenuhan dari jalan eksisting sebelum dibangun Jalan Tol Pandaan – Malang untuk mengetahui kinerja lalu lintas jalan tersebut. Setelah itu dilakukan perhitungan untuk mengetahui presentase perpindahan kendaraan dari jalan eksisting ke Jalan Tol Pandaan – Malang dengan analisis trip assignment menggunakan 3 metode, yaitu Metode Smock, Metode Davidson, dan Metode JICA I. Namun akhirnya menggunakan Metode Smock. Dari analisis trip assignment maka didapatkan volume kendaraan yang akan melewati jalan tol rencana, sehingga dapat menghitung derajat kejenuhan dari jalan tol rencana. Setelah itu, menghitung penghematan (saving) biaya operasional kendaraan (BOK) dan nilai waktu, mengitung pemasukan dari tarif jalan tol, serta menghitung besarnya pengeluaran dari biaya pembebasan lahan, biaya pembangunan konstruksi, dan biaya pemeliharaan operasional Jalan Tol Pandaan – Malang.
Dalam menentukan kelayakan dengan adanya Jalan Tol Pandaan – Malang ditinjau dari dua segi, yaitu ekonomi dan finansial. Dari segi ekonomi, maka diperlukan analisis biaya operasional kendaraan (BOK) dan nilai waktu (time value) dengan metode Jasa Marga. Kemudian menentukan BCR dan NPV sebagai acuan kelayakannya. Sedangkan dari segi finansial perlu menganalisis pemasukan dari tarif tol sebagai benefit dari dibangunnya jalan tol tersebut dan menggunakan parameter BCR, NPV, Payback Period, dan IRR sebagai acuan kelayakannya.
Dari hasil analisis, didapatkan untuk kelayakan ekonomi BCR sebesar 2,796 > 1 dan nilai NPV sebesar Rp. 15.531.872.832.729 > 0. Untuk kelayakan finansial didapatkan nilai BCR sebesar 2,938 > 1, nilai NPV sebesar Rp. 16.760.098.491.986 > 0 dan nilai IRR sebesar 11,926% > 4,86% (MARR). Serta waktu Payback Period selama 17 tahun 6 bulan 22 hari. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan pembangunan Jalan Tol Pandaan – Malang dikatakan layak dari segi ekonomi dan finansial.
================================================================================================
Pandaan – Malang Toll Road needs economic and financial feasibilty as its consideration to avoid too much investment. This feasibility analysis is very important for the community of road user, the government, and investors. Economic feasibility is needed to determine the benefits of the Pandaan - Malang Toll Road for its surrounding, while financial feasibility is needed as a reference for investor to make it more efficient in investing for Pandaan data volume kendaraan– Malang Toll Road.
In this final project, the feasibility of Pandaan - Malang Toll Road will be analyzed by recapitulating vehicle volume data on the existing road from Pandaan Subdistrict to Malang City with the division of certain sections which will later affect the planned toll road. These data are in the form of secondary data from the traffic counting survey, which was obtained from the Transportation Laboratory of the Civil Engineering Department of ITS. Then calculate the degree of saturation of the existing road before the Pandaan - Malang Toll Road was built to determine the road traffic performance. After that, the calculation is done to find out the percentage of vehicle movements from the existing road to Pandaan - Malang Toll Road with trip assignment analysis using 3 methods, namely the Smock Method, the Davidson Method, and the JICA Method I. But finally using the Smock Method. From the trip assignment analysis, the volume of vehicles that will pass the planned toll road is obtained, so that it can calculate the degree of saturation of the planned toll road. After that, calculate the savings of vehicle operating costs (BOK) and time value, calculate the income from toll road tariffs, and calculate the amount of expenses from land acquisition costs, construction costs, and operational maintenance costs of Pandaan - Malang Toll Road.
In determining the feasibility of the Pandaan - Malang Toll Road from two based, namely economic and financial. From based on economic, it is necessary to analyze vehicle operating costs (BOK) and time value the author used Jasa Marga Method. Then determine BCR and NPV as a reference for their feasibility. While from based on finance, it is necessary to analyze the income from toll tariff as a benefit of the construction of the toll road and use parameters BCR, NPV, and IRR as a reference for their feasibility.
From the analysis obtained for the economic feasibility got the value of BCR is 2,796 > 1 and the value of NPV is Rp15.531.872.832.729 > 0. For the financial feasibility got the value of BCR is 2,938 > 1, the value of NPV is Rp16.760.098.491.986 > 0 and IRR value is 11,926% > 4.86% (MARR). As well as Payback Period time for 17 years 6 month 22 days. Based on these results, it can be concluded that construction of the Pandaan – Malang Toll Road is feasible in terms of economic and financial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSS 625.7 Sar p-1 2019
Uncontrolled Keywords: Studi Kelayakan, Analisis Ekonomi, Analisis Finansial, Jalan Tol Pandaan - Malang
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
T Technology > TF Railroad engineering and operation > TF193 Estimates, costs, etc.
Divisions: Faculty of Civil, Environmental, and Geo Engineering > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Nur Fajar Aprilia Sari
Date Deposited: 05 Aug 2021 13:29
Last Modified: 05 Aug 2021 13:29
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/61167

Actions (login required)

View Item View Item