Analisis Perbandingan Skor Ujian Tulis Berbasis Cetak dan Komputer dengan Multivariate Analysis of Variance

Rizqi, Nanda Aulia (2019) Analisis Perbandingan Skor Ujian Tulis Berbasis Cetak dan Komputer dengan Multivariate Analysis of Variance. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 06211540000102-Undergraduate_Theses.pdf] Text
06211540000102-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Di Indonesia ujian tulis masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) pada tahun 2018 dilaksanakan dalam tiga metode, yaitu Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dengan menggunakan dekstop dan android. Oleh karena itu tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan skor ujian tulis yang terbagi menjadi sepuluh mata uji. Selain itu pada penelitian ini juga dilibatkan beberapa variabel karakteristik demografi serta ekonomi dari peserta yang ditampilkan dalam bentuk boxplot. Variabel respon yang digunakan yaitu sepuluh skor mata uji maka dari itu pendekatan statistika yang cocok untuk digunakan pada penelitian ini adalah Multivariate Analysis of Variance atau MANOVA. Faktor yang digunakan ialah jenis ujian tulis, jenis kelamin, jenis sekolah, asal daerah, status bidikmisi, status penerimaan, dan pilihan program studi. Berdasarkan hasil analisis One Way dan Two Way MANOVA terdapat perbedaan rata-rata berdasarkan jenis ujian tulis dan karakteristik peserta, kecuali pada uji Two Way MANOVA berdasarkan Jenis Ujian Tulis dan Pilihan program Studi tidak terdapat perbedaan rata-rata pada efek interaksi. Apabila dilihat dari perbedaan rata-rata, maka jenis ujian tulis desktop dan android memiliki rata-rata yang lebih tinggi dibandingkan dengan ujian tulis cetak.
================================================================================================
In Indonesia the state university entrance Test (SBMPTN) in 2018 is carried out in three methods, namely Paper-Based Writing Test (UTBC) and Computer-Based Writing Examination (UTBK) using desktop and android. Therefore the purpose of this study is to determine the differences in written test scores which were divided into ten test subjects. In addition, this study also involved several demographic and economic characteristics of participants which is depicted in boxplots. Variable response is score of ten test subject, so the statistical approach suitable for use in this study is Multivariate Analysis of Variance (MANOVA). The factors are type of written exams, gender, type of school, origin, bidikmisi status, acceptance status, and choice of study programs. Based on the results of One Way and Two Way MANOVA analysis there is difference in mean of test score, except in the Two Way MANOVA analysis based on the type of written test and the choice of Study program there is not difference in mean of test score for interaction effects. Then the desktop and Android based written exams have a higher mean than the paper-based.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSt 519.535 Riz a-1 2019
Uncontrolled Keywords: MANOVA, Mata Uji, Ujian Tulis, UTBC, UTBK
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics > HA29 Theory and method of social science statistics
Q Science > QA Mathematics > QA278 Cluster Analysis. Multivariate analysis. Correspondence analysis (Statistics)
Divisions: Faculty of Science and Data Analytics (SCIENTICS) > Statistics > 49201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Nanda Aulia Rizqi
Date Deposited: 29 Nov 2021 18:41
Last Modified: 29 Nov 2021 18:41
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/61613

Actions (login required)

View Item View Item