Pengaturan Kecepatan Motor Dc Pada Parallel Hybrid Electric Vehicle (PHEV) Menggunakan Metode Pi-Robust

Oktovius, Sentosa Sondang (2015) Pengaturan Kecepatan Motor Dc Pada Parallel Hybrid Electric Vehicle (PHEV) Menggunakan Metode Pi-Robust. Undergraduate thesis, Institut Technology Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2211100211-Undergraduate Thesis.pdf]
Preview
Text
2211100211-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penggunaan bahan bakar minyak saat ini semakin meningkat
seiring dengan meningkatnya kendaraan bermotor. Bahan bakar minyak
adalah salah satu sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, hal
ini menyebabkan terjadinya krisis energi di dunia. Selain tidak dapat
diperbaharui, penggunaan bahan bakar minyak juga menimbulkan polusi
yang dapat menyebabkan global warming. Keadaan polusi yang
semakin meningkat selain menyebabkan global warming juga
berpengaruh pada kesehatan manusia.
Saat ini, menghentikan penggunaan bahan bakar minyak untuk
kendaraan masih tidak mungkin dilakukan mengingat banyaknya
kendaraan yang masih menggunakan bahan bakar minyak. Dalam
upaya mengurangi penggunaan bahan bakar minyak, maka diciptakan
sebuah alternatif kendaraan yang hemat energi dan ramah lingkungan.
Alternatif tersebut adalah hybrid electric vehicle (HEV). HEV adalah
sebuah kendaraan yang memiliki dua mesin penggerak, yaitu ICE atau
mesin pembakaran dalam dan motor listrik.
Kontroler PI-Robust digunakan untuk mengatur motor DC
sebagai regulator dalam membantu ICE pada kondisi pembebanan untuk
tetap mempertahankan setpoint. Berdasarkan hasil percobaan, motor DC
dapat menjalankan perannya sebagai regulator untuk membantu ICE
dalam mempertahankan setpoint bahkan saat pembebanan maksimal saat
arus rem elektromagnetik sebesar 1.14A. Sehingga dapat disimpulkan
kontroler PI-Robust dapat membantu ICE dalam mempertahankan
kecepatan di setpoint yang diberikan pada saat kondisi pembebanan.
=======================================================================================================
The use of fossil fuels is increasing with the increase of motor
vehicles. Fuel oil is one of the natural resources that can not be
renewed, this causes the energy crisis in the world. In addition to nonrenewable,
fossil fuel use also cause pollution that can lead to global
warming. State besides increasing pollution causes global warming also
affect human health
At present, discontinue the use of fuel for the vehicle is still not
possible considering the number of vehicles that still use fuel oil. In an
effort to reduce the use of fossil fuels, then created an alternative
energy-efficient vehicles and environmentally friendly. The alternative is
a hybrid electric vehicle (HEV). HEV is a vehicle that has two
propulsion engines, namely ICE or the Internal Combustion Engine and
electric motor
PI-Robust controller is used to adjust the DC motor as a
regulator in helping ICE on loading conditions to maintain the setpoint.
Based on the experimental results, the DC motor can perform its role as
a regulator to help ICE to maintain setpoint even when the maximum
load current of 1.14A current electromagnetic brake. It can be
concluded PI-Robust controller can assist ICE in maintaining a given
speed setpoint at the time of loading conditions

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSE 629.229 3 Okt p
Uncontrolled Keywords: HEV, motor DC, PI-Robust, regulator
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL221.5 Hybrid Vehicles. Hybrid cars
Divisions: Faculty of Electrical Technology > Electrical Engineering > 20201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 18 Feb 2019 07:30
Last Modified: 18 Feb 2019 07:30
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/62320

Actions (login required)

View Item View Item