Analisis Karakteristik Busur Api Listrik Tegangan Rendah Pada Hubung Singkat Langsung Melalui Sinkronisasi Penginderaan Bunga Api Dan Arus Hubung Singkat

Irsyadi, Muhammad Yusron (2016) Analisis Karakteristik Busur Api Listrik Tegangan Rendah Pada Hubung Singkat Langsung Melalui Sinkronisasi Penginderaan Bunga Api Dan Arus Hubung Singkat. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2212100043-Undergradute Thesis.pdf]
Preview
Text
2212100043-Undergradute Thesis.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kasus kebakaran yang disebabkan oleh hubung singkat listrik (korsleting) pada tegangan rendah meningkat setiap tahun. Hal ini disebabkan arus yang tinggi pada saat gangguan terjadi tidak menyebabkan peralatan pengaman trip. Dalam eksperimen ini akan dilakukan simulasi kejadian hubung singkat pada kabel serabut tegangan rendah ukuran 1.5mm2 ,dengan variasi jumlah serabut yang mengalami kontak. Ketika busur api listrik terjadi, arus dan tegangan busur api akan direkam. Selain itu, dalam waktu yang sama, proses terjadinya busur api listrik akan direkam melalui kamera berkecepatan tinggi. Data arus dan tegangan akan disinkronisasikan dengan data hasil pencitraan busur api listrik pada kamera berkecepatan tinggi. Hasil sinkronisasi ini nantinya akan dianalisa, sehingga dapat menghasilkan data arus maksimum, arus sesaat sebelum terjadi penyalaan, arus ketika terjadi busur api listrik, dan kapan bunga api dan lelehan logam tersebar. Hasil studi ini diharapkan dapat membantu pembuatan alat proteksi busur api listrik tegangan rendah pada penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSE 621.319 1 Irs a
Uncontrolled Keywords: Busur Api Listrik Tegangan Rendah, Karakteristik Busur Api
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK3226 Transients (Electricity). Electric power systems. Harmonics (Electric waves).
Divisions: Faculty of Electrical Technology > Electrical Engineering > 20201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 08 May 2019 04:13
Last Modified: 08 May 2019 04:13
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/62961

Actions (login required)

View Item View Item