Rancang Bangun Aplikasi Ruang Ganti Virtual Berdasarkan Skeleton Tracking Dan Depth Data Menggunakan Microsoft Kinect

Negoro, Maranu Toto (2015) Rancang Bangun Aplikasi Ruang Ganti Virtual Berdasarkan Skeleton Tracking Dan Depth Data Menggunakan Microsoft Kinect. Undergraduate thesis, Institut Technology Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5111100156-Undergraduate Thesis.pdf]
Preview
Text
5111100156-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Perkembangan bisnis pakaian tidak lepas dari pesatnya perkembangan teknologi informasi. Mulai dari banyaknya e-commerce, hingga toko pakaian yang memanfaatkan teknologi untuk memberikan pengalaman baru pada pembeli. Namun, masih banyak calon pembeli yang merasa kesulitan dalam prosesnya, mulai dari menentukan ukuran yang sesuai dengan tubuhnya, hingga lamanya waktu yang dihabiskan hanya untuk sekedar mencari dan mencoba pakaian.
Augmented reality merupakan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Dengan augmented reality, objek pakaian virtual dapat ditambahkan ke tubuh pengguna tanpa harus bersusah payah melepas dan memakai kembali pakaian. Sebelumnya telah ada aplikasi serupa yang memanfaatkan webcam dan penanda untuk mendeteksi posisi tubuh pengguna, kemudian menambahkan objek pakaian statis 2D berdasarkan posisi dari penanda. Namun penggunaan penanda dan objek pakaian 2D yang statis memberikan keterbatasan bagi pengguna untuk melakukan pergerakan yang berdampak pada kurangnya kepuasan pengguna.
Pada Tugas Akhir ini dibangun sebuah aplikasi ruang ganti virtual dengan memanfaatkan teknologi Kinect. Kinect merupakan sensor yang memungkinkan pendeteksian skeleton dan depth data
x
dari pengguna secara real time. Dengan memanfaatkan Kinect, proses pelacakan pengguna dapat dilakukan tanpa menggunakan penanda. Objek pakaian dapat bergerak mengikuti hasil pemindaian skeleton sehingga seolah-olah calon pembeli seperti memakai objek virtual berupa pakaian 3D di tubuhnya. Data skeleton juga memungkinkan pemindaian ukuran pakaian yang sesuai dengan tubuh pengguna. Telah dilakukan pengujian terhadap beberapa responden pada aplikasi ini. Hasil dari pengujian menunjukkan bahwa aplikasi telah berhasil memberikan rekomendasi ukuran yang sesuai dengan tubuh pengguna dengan tingkat akurasi hingga 80%. Hasil pengujian juga memperlihatkan ketertarikan akan penggunaan aplikasi ini apabila diterapkan pada toko pakaian. Dengan dikembangkannya aplikasi ini diharapkan dapat membuat proses berbelanja pakaian lebih mudah, cepat, dan efisien.
========================================================================================================
Clothing business developments can not be separated from the rapid development of information technology. Ranging from the number of e-commerce, to the clothing store that utilizes technology to provide a new experience to the buyer. However, there are many potential buyers who still find it difficult in the process, from determining the appropriate size of the body, untl the time spent just to simply look and try on the clothes.
Augmented reality is the solution to overcome these problems. By using augmented reality, virtual clothes objects can be added to the body of the user without having to take off and put on the clothes back. Previously there has been similar application that utilizes webcam and marker to detect the position of user’s body, then add static 2D clothing object based on the position of the marker. However, the use of marker and static 2D clothing object provide limitations for users to perform movements which have impact on the lack of user satisfaction.
This Final Project built a virtual dressing room application by utilizing the Kinect technology. Kinect is a sensor that allows the detection of skeleton and depth data from the user in real time. By using Kinect, user tracking process can be performed without using a marker. Clothing Object can move to follow the results of the scanned skeleton as if prospective buyers like wearing 3D virtual
xii
object in the form of clothing on her body. Skeleton data also allows scanning the appropriate size of the clothes on the user’s body. Has conducted tests on some respondents in this application. Result of the testing showed that the application has been successfully providing size recommendations according to the user’s body with the accuracy up to 80%. The test results also showed enthusiasm and interest of the respondents in the use of this application when applied to the clothing store. With the development of this application is expected to make the process of shopping for clothes more easily, quickly, and efficiently.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIf 005.269 Neg r
Uncontrolled Keywords: depth data, kinect, ruang ganti, skeleton tracking, pakaian, virtual.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.6 Computer programming.
Divisions: Faculty of Information and Communication Technology > Informatics > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 14 May 2019 03:07
Last Modified: 14 May 2019 03:07
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/63017

Actions (login required)

View Item View Item