Perencanaan Alternatif Jalan Tol Surabaya-Mojokerto Seksi IV STA 37+700 – STA 40+700 Dengan Perkerasan Lentur Sebagai Lapis Permukaan Dan Perkerasan Kaku Sebagai Lapis Tambah

Rayendra, Muhammad and Wulan, Rachmi (2016) Perencanaan Alternatif Jalan Tol Surabaya-Mojokerto Seksi IV STA 37+700 – STA 40+700 Dengan Perkerasan Lentur Sebagai Lapis Permukaan Dan Perkerasan Kaku Sebagai Lapis Tambah. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3113030133-135-Non Degree Thesis.pdf]
Preview
Text
3113030133-135-Non Degree Thesis.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Jalan tol yang berada di Indonesia rata-rata menggunakan
perkerasan kaku (rigid pavement) sebagai lapis permukaan. Oleh
karena itu, penulis membuat terobosan baru dengan merencanaan
ulang struktur jalan tol pada kondisi eksisting yang menggunakan
perkerasan lentur sebagai lapis permukaan untuk Umur Rencana
(UR) 10 tahun dan perkerasan kaku sebagai lapis tambah untuk
Umur Rencana (UR) 20 tahun, dimana penulis memilih Tol Sumo
Seksi IV.3 sebagai acuan studi kasus.
Perencanaan alternatif perkerasan lentur dan perkerasan
kaku sebagai lapis tambah (overlay) ini meliputi analisa kapasitas
jalan dengan menggunakan Manual Kapasitas Indonesia (MKJI)
1997, perencanaan perkerasan lentur dengan menggunakan
metode Petunjuk Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Jalan
Raya dengan Metode Analisa Komponen1987,perencanaan tebal
lapisan tambah beton semen dengan menggunakan Perencanaan Perkerasan Jalan Beton Semen 2003, kontrol geometrik dengan
menggunakan Standart Geometri Jalan Bebas Hambatan untuk
Jalan Tol 2008, perencanaan saluran tepi menggunakan
Perencanaan Sistem Drainase Jalan 2006, dan Rencana Anggaran
Biaya menggunakan harga dasar bahan dan upah yang diterbitkan
oleh HSPK Kota Mojokerto.
Dari hasil perhitungan perencanaan proyek Jalan Tol
Surabaya Mojokerto Seksi IV diperoleh analisa kapasitas jalan
dengan DS 0.588 pada UR 10 th dan 0.943 pada UR 20th,
sehingga pada UR 20 th dilakukan pelebaran dan didapatkan DS
0.632. Perencanaan tebal perkerasan lentur menggunakan
LASTON dengan ketebalan 10 cm untuk UR 10 th. Untuk
overlay, digunakan perkerasan kaku dengan tebal beton K-400
adalah 23 cm dan stabilitas tanah dasar dengan CBK 10 cm untuk
UR 20 th.Perencanaan dimensi saluran tepi (drainase) bebentuk
persegi dengan bahan terbuat dari pasangan batu kali diperoleh
dimensi b=0.7 m, dan h=0.8 m. Anggaran yang diperlukan untuk
melakukan pembangunan proyek ini sebesar Rp
814,027,920,610.- untuk pekerjaan perkerasan lentur dan Rp
51,863,671,952.- untuk perkerasan kaku.
Dengan adanya pembangunan proyek ini dengan umur
rencana 30 tahun diharapkan dapat membantu mempermudah
akses dari Surabaya ke Mojokerto maupun sebaliknya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: RSS 625.725 Ray p
Uncontrolled Keywords: Perkerasan Lentur, Perkerasan Kaku, Tebal Perkerasan, Drainase
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22401-(D3) Diploma 3
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 03 Jul 2019 02:19
Last Modified: 03 Jul 2019 02:19
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/63395

Actions (login required)

View Item View Item