Analisis Faktor Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Menggunakan Kuesioner Online Dan Structural Equation Modeling (Studi Kasus PT. Profile Asia)

Djunaidi, Billy (2015) Analisis Faktor Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Menggunakan Kuesioner Online Dan Structural Equation Modeling (Studi Kasus PT. Profile Asia). Masters thesis, Institut Technology Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 9113205310-Master Thesis.pdf] Text
9113205310-Master Thesis.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (19MB) | Request a copy

Abstract

Pada saat ini, pemasaran berkembang dengan sangat pesat. Beberapa
perusahaan sangat susah dalam menembus pasar di masyarakat luas. Meskipuo
mereka memiliki teknologi dan kualitas produk yang sama dibandingkan saingan
mereka, tetapi sangatlah susah bagi mereka mencapai kesuksesan yang sama
dengan para pesaing. PT. Profile Asia adalah salah satu perusahaan tersebut. PT.
Profile Asia adalah sebuah perusahaan baru dalam memproduksi genteng yang
berusaha keras dalam persaingan sengit tersebut. Mereka memiliki teknologi dan
kualitas yang sama dengan pesaing mereka tetapi merek mereka tidak dikenal di
kalangan konsumen. Penjualan produk mereka berada di angka yang tetap dalam
2 tahuo terakhir ini. Meskipuo mereka menjual produk mereka dengan harga lebih
murah dari pasaran, tetapi hal ini tidak membuat mereka mendapat keuotungan
lebih. Pada kasus ini, loyalitas konsumen adalah salah satu topik utama yang
dibahas pada problema ini. Oleh karena itu, PT. Profile Asia akan berusaha uotuk
menyelesaikan masalah ini.
European Customer Satisfaction Index (ECSI) menyediakan model uotuk
dignnakan pada loyalitas konsumen. Dengan mengguoakan model tersebut,
terdapat 4 variabel yang akan berhubuogan dengan loyalitas konsumen,
diantaranya adalah ekspektasi konsumen, kualitas yang dirasakan, nilai yang
dirasakan, dan kepuasan konsumen. Dengan mengguoakan 4 variabel tersebut,
akan membentuk indikator-indikator yang akan diguoakan uotuk membuat
kuesioner. Semua indikator tersebut akan dianalisa dengan mengguoakan
Structural Equation Modeling yang akan menghasilkan sebuah output. Output
tersebut dapat lebih dari satu dan akan menghasilkan variabel mana yang paling
berpengaruh dengan loyalitas konsumen di PT. Profile Asia. Hasil akhir penelitian
menuojukkan bahwa perceived value menempati urutan paling penting dan
berpengaruh terhadap loyalitas konsumen pada PT. Profile Asia.
========================================================================================================
Marketing is rapidly evolving nowadays. Some companies are hardly
struggling in their market penetration to the public. Eventhough they had the
same technology and product quality from their competitors, but they hardly
achieved the same success as their competitors. PT. Profile Asia is one of these
kind of company. PT. Profile Asia is a new developing roof tile company that is
struggling in these harsh competition. They have the same technology and quality
as their competitors but still their brand name can't get caught in the customers.
Sales are stagnant for these past 2 years. Eventhough they sold their products for
lower price than the other competitors, it still won't help them to make a big
profit. In this case, customer loyalty is one of the main topic of this problem.
Therefore PT. Profile Asia will try to tackle this problem.
European Customer Satisfaction Index (ECSI) provides model for being
used in customer loyalty. Using this model, there are 4 variables that will relate to
customer loyalty, which are customer expectation, perceived quality, perceived
value, and customer satisfaction. Using these 4 variables, it will form indicators
that will be used to make the questionnaire. All these indicators will be analyse
using Structural Equation Modeling which produce the output. These output could
be more than one and will produce which variable are the most influencing for
customer loyalty in PT. Profile Asia. The outcome of this research showed that
perceived value is the most important aspect and greatly affecting customer
loyalty of PT. Profile Asia.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTMT 658.834 3 Dju a
Uncontrolled Keywords: ECSI, Structural Equation Modeling, Pemasaran
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5415.335 Consumer satisfaction
Divisions: 61101-Magister Management Technology
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 05 Jul 2019 06:40
Last Modified: 05 Jul 2019 06:40
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/63530

Actions (login required)

View Item View Item