Pengenalan Ekspresi Wajah Untuk Tunanetra Menggunakan Deep Learning Pada Perangkat Portabel

Fahrudin, Hasby (2019) Pengenalan Ekspresi Wajah Untuk Tunanetra Menggunakan Deep Learning Pada Perangkat Portabel. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 07111540000112-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
07111540000112-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penyandang tunanetra menghadapi tantangan yang lebih dalam kehidupan sehari-hari seperti mencari jalan di lingkungan yang tidak dikenal, mendeteksi objek dan orang, dan pengenalan wajah dan ekspresi wajah. Salah satunya adalah interaksi tatap muka yang dimana banyak informasi dipertukarkan secara nonverbal melalui postur tubuh, gerakan, kedekatan interpersonal dan ekspresi wajah. Ekspresi wajah dipercayai mempunyai kaitan erat dalam emosi seseorang dan memberikan informasi yang lebih lengkap saat berkomunikasi. Penyandang tunanetra tidak bisa mendapatkan informasi tersebut sehingga adanya batasan dalam interaksi tatap muka.
Penelitian tentang pengenalan ekspresi wajah kepada penyandang tunanetra telah dilakukan. Akan tetapi, kendala yang selalu dihadapi adalah biaya pembuatan dan desain perangkat yang kurang praktis. Pada penelitian ini akan dibuat sebuah perangkat yang lebih praktis dan lebih murah dengan performa yang baik. Dengan begitu, akan lebih banyak penyandang tunanetra yang terbantu. Pada penelitian ini dibuat perangkat pembantu pengenalan ekspresi wajah untuk tunanetra yang akan diimplementasikan ke perangkat yang relatif kecil yaitu raspberry pi. Perangkat akan menyampaikan informasi ke pengguna melalui suara. Deep learning menjadi bagian utama dalam pengenalan ekspresi wajah. Model deep learning akan dibuat menggunakan gabungan dataset yang sudah ada dan juga memanfaatkan pre-trained network. Perangkat yang didesain pada penelitian ini mempunyai akurasi mencapai 80% pada ruangan indoor dan 75% pada ruangan outdoor.
========================================================
Persons with visual impairments have more hurdle than normal person in daily life such as finding roads in unknown environments, detecting object and people, facial recognition and expressions. One of it is face-to-face interaction that involved non-verbal information through body gesture, interpersonal connection, and facial expressions. Facial expression believed have a strong bond in human emotion and gives more complete informations when communicate. Visually impaired persons people cannot have that information so they have hinderance while communication in face-to-face interraction.
There are reasearch about delivering facial expressions to visually impaired persons. But, the problem always about production cost and uncomfortable design. In this research we will make less cost device and comfortable with good performance. In this study, system to recognize facial expressions for blind people was made which would be implemented on a relatively small device, raspberry pi. The device will convey information to the user via voice. Deep learning is a major part of the facial expressions recognition system. The deep learning model will be created using a combination of existing datasets and make use of pre-trained network. Devices designed in this study have an accuracy of up to 80% in indoor and 75% in outdoor spaces.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Facial Expression Recognition, Visually Impaired, Assistive Technology, Deep Learning, Portable Devices
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology. IT--Auditing
Divisions: Faculty of Electrical Technology > Electrical Engineering > 20201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Hasby Fahrudin
Date Deposited: 22 Oct 2021 04:19
Last Modified: 22 Oct 2021 04:19
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/63705

Actions (login required)

View Item View Item