Alternatif perencanaan perkuatan pada oprit Jembatan Kali Sidoduwe Tol Surabaya - Mojokerto STA 37+300 -37+600

Fachraz, Alwis (2014) Alternatif perencanaan perkuatan pada oprit Jembatan Kali Sidoduwe Tol Surabaya - Mojokerto STA 37+300 -37+600. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3111105020-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
3111105020-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pada proyek pembangunan Tol Surabaya-Mojokerto
Seksi IV terdapat kali sidoduwe yang menjadi pemisah main
road tol Surabaya- mojokerto, sehingga diperlukan perencanaan
jembatan. Dalam hal ini akan direncanakan timbunan di dekat
jembatan (oprit) yang menjadi penghubung main road dengan
kepala jembatan, perencanaan dimulai dengan merencanakan
bearnya pemampatan yang terjadi pada STA 37+575-
37+325dengan tinggi timbunan final (H final)sisi tertinggi yang
direncanakan berturut –turut sebesar 7,746 m, 6,787 m, 6,423 m,
6,90 m, 5,959 m, 5,492 m, 4,922 m, 4,088 m, 2,792 m, 2,427 m,
2,304 m.
Tinggi timbunan awal (H initial) dan H akhir (H final)
diman ada lama merencanakanya menggunakan persamaan yang
diperoleh dari grafik perhitungan H awal (H initial) dan H akhir(H final) dengan beban pemisalan sebesar 3 t/m2, 5 t/m2, 7
t/m2, 9 t/m2, 11 t/m2, 13 t/m2, 15 t/m2, 17 t/m2.Kemudian
dilanjutkan dengan menganalisis besarnya waktu pemampatan
tanpa PVD, didapat t = 64,72 tahun dalam hal ini waktu yang
dibutuhkan untuk mencapai penurunan sebesar Sc total dengan
derajat konsolidasi arah vertikal (Uv) sebesar 70% sangat lama,
sehingga diperlukan perencanaan PVD agar waktu pemampatan
menjadi lebih singkat.
Didapatkan kedalaman PVD pada STA 37+575-37+325
berturut –turut sebesar17 m, 17 m, 17 m, 17 m, 17 m, 16 m, 16 m,
14 m, 11 m, 10 m, 10 m. Kemudian direncanakan PVD dengan a
= 0,10 m ; b = 0,05 m ; D = 1,050 m ; s = 1m pola pemasangan
segitiga sehingga didapatkan waktu pemampatan sedalam PVD
pada STA 37+575 – 37+325 berturut – turutsebesar6,92 minggu,
6,92 minggu, 6,92 minggu, 6,92 minggu, 6,92 minggu, 6,83
minggu, 6,83 minggu, 6,66 minggu, 6,17 minggu, 6,23 minggu,
6,23 minggu.
Untuk perkuatan pada oprit diberikan kombinasi
geotextile - sheet pile dan dinding beton kantilever –
geotextile.Didapatkan profil Sheet pile W-500-A100 dengan
cracking moment sebesar 35,2 tm profil diambil hasil
perhitungan dari STA 37+575 dan digunakan juga untuk STA
dibawahnya, sedangkan geotextile diambil type UW-250 dengan
Tult = 52 Kn/m.

===========================================================================================================

In the project construction of main road Surabaya-
Mojokerto Section IV there is sidoduwe river that tobe discord of
main road tol Surabaya - mojokerto , so this condition need a
bridge to connected between main road. The bridge is connected
by a heap (Oprit), The construction will be start with planning the
number of settlement in the each station (STA). The STA are STA
37+575-37+325 with the highest heap (H final) side are 7,746
m, 6,787 m, 6,423 m, 6,90 m, 5,959 m, 5,492 m, 4,922 m, 4,088 m,
2,792 m, 2,427 m, 2,304 m.
To planing the hight of H initial and H final are use
mathematic calculation graphic of H initial and H final. It also
with exemple load 3 t/m2, 5 t/m2, 7 t/m2, 9 t/m2, 11 t/m2, 13 t/m2,
15 t/m2, 17 t/m2. Than it continue with analysis the number of
settlements without PVD, from the calculations the settlements
time are t = 64,72 years. It too long to get totally settlements with consolidation degree Uv 70% ,So it needed planning PVD to
meke the setlements time shorter than without PVD.
The deep of PVD at STA 37+575-37+325 are 17 m, 17
m, 17 m, 17 m, 17 m, 16 m, 16 m, 14 m, 11 m, 10 m, 10 m. Then
planning PVD with a = 0,10 m ; b = 0,05 m ; D = 1,050 m ; s =
1m and triangle design. From the calculation get number of times
seetlements as deep as PVD at each STA are 6,92 minggu, 6,92
minggu, 6,92 minggu, 6,92 minggu, 6,92 minggu, 6,83 minggu,
6,83 minggu, 6,66 minggu, 6,17 minggu, 6,23 minggu, 6,23
minggu.
To strengthtening heap (Oprit) is give by combination
geotextile - sheet pile and retaining wall concrete kantilever –
geotextile. From calculation it get the profil of Sheet pile W-500-
A100 with cracking moment 35,2 tm the profil gets from
calculation of STA 37+575 and it use by each STA. Then
geotextile profile use type UW-250 with Tult = 52 Kn/m.
Key word : H initial and H final heap, number of settlement and
settlements time, PVD, sheet pile, retaining wall concrete
kantilever, geotextile.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSS 624.2 Fac a
Uncontrolled Keywords: Besar dan waktu pemampatan; PVD; Sheet pile; Geotextile
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Faculty of Civil, Environmental, and Geo Engineering > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Theses
Depositing User: - Taufiq Rahmanu
Date Deposited: 15 Jul 2019 02:16
Last Modified: 15 Jul 2019 02:16
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/63982

Actions (login required)

View Item View Item