Study Tentang Hyperbar Parallel Supercharging Dengan Menggunakan·By-Pass Valve

Yulianto, Evi (1993) Study Tentang Hyperbar Parallel Supercharging Dengan Menggunakan·By-Pass Valve. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4884200185-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
4884200185-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pada suatu motor bakar dalam. energi yang terbuang
melalui gas buang adalah sangat besar yaitu sekitar 34%
40%. Penggunaan turbocharger adalah salah satu cara yang
digunakan untuk memanfaatkan energi gas huang menjadi energi
berguna yang dapat membantu meningkatkan daya motor yang
menggunakannya. Ada dua macam rangkaian turbocharger dengan
motor yang menggunakannya yaitu Constant Pressure Turbocharging dan Pulse System Turbocharging.
Suatu hal yang paling penting yang harus diperhatikan
dalam pemilihan turbocharger yang akan digunakan adalah
kesesuaian antara laj~ aliran udara motor pada setiap
kondisi operasinya dengan karakteristik kompresor dari
turbochager. Hal ini dikarenakan apabila turbocharger yang
digunakan tidak sesuai dengan karakteristik aliran udara
motor akan mengakibatkan menurunnya unjuk kerja motor itu
sendiri. Pada kedua metode diatas dimana hubungan antara
turbocharger adalah seri, penyesuaian penggunaan
turbocharger terhadap suatu motor adalah tidak mudah, hal
ini dikarenakan besarnya laju aliran massa gas huang yang
masuk ke dalam turbin sangat bervariasi tergantung dari
beban dan putaran motor. Pada saat motor beroperasi pada
putaran dan beban rendah laju aliran massa gas huang
berkurang maka aliran udara yang dihasilkan kompresor
relatif lebih kecil terhadap kompresi ratio kompresor,
sehingga garis aliran udara kompresor melewati batas surja.
Hyperbar Parallel Supercharging adalah suatu metode
rangkaian turbocharger yang dikembangkan dari metode
Constant Pressure Turbocharging yang mana hubungan antara
turbocharger dengan motor adalah parallel yaitu ada hubungan
antara compressor outlet dan turbine inlet yang dikendalikan
oleh sebuah katup yang disebut Hyperbar Valve. Katup 1n1
berfungsi untuk menghindari aliran gas huang masuk ke dalam
saluran hisap yang mana bekerjanya secara pneumatik yang
dikendalikan oleh perbedaan tekanan kompresor dan tekanan
gas huang.
Dengan Hyperbar Parallel Supercharging ini memungkinkan
untuk memberikan tekanan pembilasan yang tinggi tanpa harus
melewati garis batas surja kompresor (compresor surge limits
line) pada putaran dan beban rendah · Hal 1n1 karena
perbedaan jumlah aliran massa gas buang yang masuk ke .dalam
turbin relatif tidak besar karena ada supply udara masuk ke
dalam saluran huang melalui by-pass valve, sehingga
kesesuaian antara kompresi ratio dengan laju aliran udara
kompresor dapat dicapai. Dengan demikian dengan menggunakan
metode Hyperbar Parallel Supercharging dapat memberikan
daerah operasi motor lebih besar (engine speed range) dalam
hubungannya dengan turbocharger yang digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: turbocharger, Hyperbar Parallel Supercharging, turbine
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ266 Turbines. Turbomachines (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ799 Diesel motor--Electronic control.
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 24 Jul 2019 02:18
Last Modified: 24 Jul 2019 02:18
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/64298

Actions (login required)

View Item View Item