Sistem Transmisi Hidrolik Sebagai Alternatif Sistem Transmisi Tenaga Generator Power Take-Off Pada Motor Utama KMF. Pottre Koneng

Triwibowo, Erwin (1995) Sistem Transmisi Hidrolik Sebagai Alternatif Sistem Transmisi Tenaga Generator Power Take-Off Pada Motor Utama KMF. Pottre Koneng. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4904200269-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
4904200269-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Generator power take-off adalah generator listrih k::::pal
yang tenaga mekaniknya diperoleh dari motor utama_ Ada
keuntungan yang diperoleh dengan menggunakan power take-off
dibanding dengan diesel genset.
Dalam operasinya motor utama selalu dalam kondisi
hidup, sekalipun waktu bongkar muat dan karena kapal
berlayar dalam jangka waktu pendek (sekitar setengah jam)
sehingga motor utama lebih banyak tanpa beban (bongkar muat
sekitar 40 menit), ini mengawali pemikiran untuk membebani
lagi motor utama dengan generator.
Untuk mengkopel generator pada motor utama diperlukan
sistem transmisi tenaga yang sesuai. Di KHF. Pottre Koneng
motor utama dua set sehingga sistem tarnsmisi PTO harus
mampu menggandeng dua sumber daya ini. Karena di kapal ini
menggunakan instalasi listrik AC tegangan dan frekwensi
konstan (menggunakan generator AC putaran konstan) maka
output sistem transmisi harus mampu membuat putaran tetap.
Sebagai input sistem transmisi yaitu motor utama yang
putarannya berubah-ubah karena motor utama meggerakkan
propeller, maka sistem harus mampu membuat putaran konstan
dari putaran yang berubah-ubah.
Suatu alternatif sistem transmisi tenaga untuk power
take-off di kapal ini adalah sistem transmisi hidrolik.
Sistem transmisi hidrolik adalah sistem transmisi tenaga
yang memakai media penyalur tenaga berupa fluida cair (oli).
Fluida dipompa oleh pompa hidrolik yang dikopel ke motor
utama. disalurkan melalui pipa ke motor hidrolik. Motor
hidrolik yang digerakan oleh fluida tekan dari pompa hidrolik
memutar generator listrik.
Untuk mendapatkan putaran tetap pada output sistem
(motor hidrolik) dibuat suatu alat kontrol otomatis yang
dipasang pada pampa hidrolik untuk mengatur supaya debit
fluida yang· rnasuk ke motor hidrolik konstan. Suatu rancangan
alat kontrol otomatis berupa motor tranduser. governor.
servovalve dan mekanisme pompa sebagai alternatif untuk
membuat debit fluida selalu konstan.
Efisiensi tenaga sistem transmisi hidrolik PTO di atas
sistem transmisi elektrik meskipun sedikit di bawah sistem
transmisi mekanik, tetapi mempunyai karakter yang compatible
dan flexible, memungkinkan dan sesuai untuk diterapkan di
KHF. Pottre Koneng atau kapal yang sejenis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: motor hidrolik, propeler, fluida
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ840.A2+ hydraulic machinery
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK2797 Motor-generator sets. Cascade
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 06 Aug 2019 07:43
Last Modified: 06 Aug 2019 07:43
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/69741

Actions (login required)

View Item View Item