Studi Penalaan Parameter-Sistem Eksitasi Menggunakan Teknik Respon Frekuensi

Wisnawa, I Nyoman (1997) Studi Penalaan Parameter-Sistem Eksitasi Menggunakan Teknik Respon Frekuensi. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2292100099-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
2292100099-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Ukuran dan perincian dari simulasi sistem tenaga modem membutuhkan
keluaran energi dan waktu yang besar dalam pengecekan dan pengujian data untuk
menala suatu sistem yang mengalami gangguan, sehingga diperoleh sistem yang
stabil kembali. Untuk itu maka dicari suatu metode dalam pengecekan data
sehingga waktu dan energi yang dibutuhkan menjadi lebih cepat.
Salah satu metode yang digunakan adalah metode respon frekuensi
dengan menggunakan Bode diagram atau diagram logaritmik. Kelebihan utama
penggunaan diagram Bode adalah bahwa perkalian dapat diubah menjadi
penjumlahan serta penyajian logaritmik berguna dalam menunjukkan karakteristik
fungsi alih, baik pada frekuensi rendah maupun pada frekuensi tinggi dalam satu
diagram.
Dari tipe-tipe sistem eksitasi, penalaan akan dilakukan dengan
menggunakan tipe filter lag-lead dan tipe umpan balik kecepatan (rate feedback).
Perhitungan yang diperoleh dari penggambaran diagram Bode ke dua tipe tersebut,
akan digunakan untuk menala parameter-parameter pada sistem eksitasi, sehingga
diperoleh kinerja sistem yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSE 621.31 Wis s 10235/H/98
Uncontrolled Keywords: Bode diagram, diagram logaritmik, filter lag-lead
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK1010 Electric power system stability. Electric filters, Passive.
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Electrical Engineering > 20201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 23 Aug 2019 07:08
Last Modified: 23 Aug 2019 07:08
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/70245

Actions (login required)

View Item View Item