Perancangan Dan Pembuatan Perangkat Lunak Animasi Kinematik Untuk Pergerakan Manusia

Damayantii, Caroline Innes (1999) Perancangan Dan Pembuatan Perangkat Lunak Animasi Kinematik Untuk Pergerakan Manusia. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2693100004-Undergrdauate_Theses.pdf]
Preview
Text
2693100004-Undergrdauate_Theses.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Salah satu jenis penelitian di bidang grafika komputer adalah cara mengontrol dan memvisualisasikan gerakan manusia dalam bentuk animasi. Hal ini disebabkan oieh keinginan untuk menjadikan manusia sebagai aktor tiruan yang dapat diarahkan agar bergerak sesuai dengan perintah. Disini manusia dianggap sebagai sebuah figur yang mempunyai struktur artikulasi, yaitu sebuah struktur yang terdiri dari sejumlah link yang dihubungkan oleh joint.
Hasil dari tugas akhir ini berupa editor dengan fasilitas untuk menggerakkan bagian manusia hasil interaksi dengan pengguna. Untuk mempresentasikan figur manusia digunakan notasi yang sering dipakai dalam manipulasi robot yaitu notasi Denavit-Hartenberg (0-H). Teknik yang digunakan untuk menentukan animasi pergerakan adaiah kinematika invers. Langkah yang dilakukan adalah menentukan posisi dari salah satu end-effector dari figur manusia tersebut dan selanjutnya metode kinematika inve,~ digunakan untuk melakukan perhitungan terhadap posisi link dan joint yang berhubungan dengan end-effector tadi. Proses dilanjutkan
dengan melakukan penggambaran kerangka pada frame menggunakan fungsi OpenGL. Semua gambar frame yang dihasilkan divisualisasikan dalam bentuk animasi. Dari hasil perhitungan, besarnya kecepatan perhitungan kinematika invers tergantung pada besarnya jarak antara posisi end-effector sebekumnya dan posisi tujuan.
Tugas akhir ini bermanfaat untuk menampilkan figur manusia dalam bentuk animasi sehingga dapat digunakan sebagai simulasi pergerakan untuk industri film maupun periklanan. Dan untuk pengembangan selanjutnya jenis obyek yang dianimasikan dapat dibuat lebih fleksibei dan tidak terbatas pada manusia saja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIf 005.1 Dam p
Uncontrolled Keywords: Robot, pergerakan, animasi, kinematika invers, simulasi
Subjects: T Technology > TR Photography > TR897.7 Computer animation
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 03 Sep 2019 08:53
Last Modified: 03 Sep 2019 08:53
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/70643

Actions (login required)

View Item View Item