Perencanaan dan Pembuatan Simulasi Converter Tekanan Pneumatik Ke Arus Dan Arus Ke Tekanan Pneumatik DiInterfacekan Pada IBM PC XT

Prakoso, Kukuh (1990) Perencanaan dan Pembuatan Simulasi Converter Tekanan Pneumatik Ke Arus Dan Arus Ke Tekanan Pneumatik DiInterfacekan Pada IBM PC XT. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2852200265-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
2852200265-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Proses Konversi teKanan pneumatiK ke arus atau dari arus Ke teKanan pneumatiK diperlukan untuk mentransmisiKan sinyal penguKuran atas suatu variabel Ke alat uKur dan final elemen yang berupa kontroler Keadaan ini memungKinKan untuK mengembangkan sistem yang mampu diKontrol secara miKroeleKtronik dengan memaKai IBM PC-XT.
Pada tugas akhir ini aKan dibahas tentang perencanaan dan pembuatan simulasl konverter tekanan pneumatiK Ke arus dan arus Ke tekanan pneumatik diinterfaceKan pada IBM PC-XT.
diuKur memiliKi jangKauan 3 psi - 15 psi dan besar arus yang diuKur memiliKi jangKauan 4 rnA - 20 mA. Respons output aKibat input seKi tar 0. 1 second. Pada peralatan yang dibuat aKan dapat diuKur seKaligus disimulasikan hubungan teKanan pneumatiK, arus dan tegangan dc baik secara software maupun hardware.
Dengan memasuKKan sinyal analog yang dihasilkan oleh rangKaian pengganti I/P Transduser GT66 ataupun
rangKaian penganti P/I Converter Model 5553-4 akan dibaca oleh ADC untuK diperoleh datanya. Dengan bantuan IBM PC-XT dilaKsanaKan manipulasi data dengan cara mengeKsKusi routine-routine tertentu yang kemudaian aKan diperolel1 hasil simulasi pada monitor yang berupa grafiK dan tabel Konversinya. Tabel ini dapat disimpan di disKette atau dicetaK pada Kertas. Hasil konversi dapat pula di outputKan berupa arus dc dan tegangan dc proporsional terhadap sinyal masuKannya.
Alat ini diharapKan dapat digunakan untuk mempelajari proses Konversi arus Ke tekanan pneumatik dan sebaliKnya, dapat menguKur sinyal teKanan dan arus serta dapat dipaKai untuK mengembangkan sistem pneumatiK leblh lanjut sesuai dengan tuntutan teknologi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSE 621.398 Pra p 3917/H/91
Uncontrolled Keywords: Pneumatik, mikroelektronik, transduser, konversi
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL697.P6 Pneumatic equipment
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Electrical Engineering > 20201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 16 Sep 2019 08:56
Last Modified: 16 Sep 2019 08:56
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/70776

Actions (login required)

View Item View Item