Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Niat Keberlanjutan Penggunaan E – Learning Pada Perspektif Dosen (Studi Kasus : Share Its)

Wicaksono, Indra (2016) Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Niat Keberlanjutan Penggunaan E – Learning Pada Perspektif Dosen (Studi Kasus : Share Its). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5212100156-undergraduate-theses.pdf]
Preview
Text
5212100156-undergraduate-theses.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

E-learning merupakan sebuah program pembelajaran
yang berbasiskan pada internet. E-learning telah diterapkan oleh
Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya sejak tahun 2006
yang bernama Share ITS. Share ITS dikelola oleh Pusat
Pengembangan Pendidikan dan Aktivitas Instruksional (P3AI).
Walaupun telah diterapkan di ITS masih terdapat beberapa
permasalahan yang terjadi, salah satunya yaitu kurangnya niat
dosen sebagai pengguna untuk menggunakan Share ITS secara
bekerlanjutan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor
apa saja yang mempengaruhi niat dosen untuk menggunakan
Share ITS secara berkelanjutan dengan menggunakan beberapa
model yaitu expectation–confirmation model (ECM), technology
acceptance model (TAM), theory of planned behavior (TPB), dan
flow theory. Variabel yang digunakan pada terdiri dari 10
variabel, yaitu perceived usefulness, perceived ease of use,
attitude, perceived enjoyment, concentration, subjective norm,
perceived behavioral control, confirmation, satisfaction, dan
continuance intention.
vi ii
Hasil dari penelitian ini adalah faktor-faktor yang
mempengaruhi niat dosen untuk menggunakan Share ITS secara
bekerlanjutan dan rekomendasi untuk meningkatkan faktor-faktor
tersebut. Faktor satisfaction atau kepuasan dosen pada Share ITS
dan perceived usefulness atau persepsi kebermanfaatan dosen
pada Share ITS berpengaruh positif dan signifikan terhadap
continued intention atau niat keberlanjutan penggunaan. Faktor
percevied ease of use atau persepsi kemudahan menggunakan
dosen pada Share ITS berpengaruh positif dan signifikan terhadap
perceived usefulness atau persepsi kebermanfaatan dosen pada
Share ITS. Ketiga faktor tersebut merupakan faktor penting untuk
dipertimbangkan karena memiliki pengaruh terhadap niat
keberlanjutan penggunaan Share ITS oleh dosen. Selain itu
diketahui bahwa faktor percevied enjoyment atau persepsi
menikmati menggunakan Share ITS oleh dosen berpengaruh positif
dan signifikan terhadap attitude atau sikap dosen pada Share ITS.
============================================================
E-learning is a learning program based on the Internet. Elearning
has been implemented by the Institute of Technology
Surabaya since 2006 named Share ITS. Share ITS managed by the
Pusat Pengembangan Pendidikan dan Aktivitas Instruksional
(P3AI). Although it has been applied in ITS there are still some
problems that occurred, one of the problem is lecturer continuance
intention on Share ITS.
This study aims to determine the factors that influence the
lecturers continuance intention to use the Share ITS by using
several models that are expectation-confirmation model (ECM),
technology acceptance model (TAM), theory of planned behavior
(TPB), and flow theory. The variabels on the models are perceived
usefulness, perceived ease of use, attitude, perceived enjoyment,
concentration, subjective norm, perceived behavioral control,
confirmation, satisfaction, and continuance intention.
The results of this study are the factors that influence the
lecturer continuance intention to use Share ITS and
recommendations to improve those factors. Satisfaction and
x
perceived usefulness has positive and significant impact on the
continuence intentions. Percevied ease of use has positive and
significant impact on the perceived usefulness. Those factor are
important factors to consider because it has an influence on the
lecturer continuance intenion on ITS Share. Also that the percevied
enjoyment o has positive and significant impact on the attitude.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSI 005.43 Wic a
Uncontrolled Keywords: E-learning, Share ITS, User Continueance Intention, ECM, TAM, TPB, Flow
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.9.I52 Information visualization
Divisions: Faculty of Information and Communication Technology > Information Systems > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 07 Nov 2019 06:04
Last Modified: 07 Nov 2019 06:04
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/71636

Actions (login required)

View Item View Item