Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Berbelanja Di Pasar Pucang Anom Surabaya

Tyashening, Iko Putri (2016) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Berbelanja Di Pasar Pucang Anom Surabaya. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 1314105053-undergraduate-theses.pdf]
Preview
Text
1314105053-undergraduate-theses.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Adanya pasar yang dapat beroperasi secara optimal dan efisien serta
dapat melayani kebutuhan masyarakat diperlukan sebagai upaya untuk
menjadikan pasar tradisional sebagai salah satu motor penggerak
dinamika perkembangan perekonomian. Pasar Pucang Anom
merupakan salah satu pasar tradisional di pusat kota Surabaya yang
juga harus bersaing dengan pusat perbelanjaan lain yang juga banyak
terdapat di pusat kota. Peningkatan kualitas terhadap hal-hal yang
mempengaruhi minat berbelanja di Pasar Pucang Anom Surabaya akan
dianalisis dengan analisis kesenjangan, analisis biplot, dan Thurstone
Case-v. Dari penelitian ini didapatkan bahwa usia pengunjung Pasar
Pucang Anom Surabaya terentang antara 12 hingga 63 thun dan ratarata
berusia 33 tahun. Mayoritas lulusan SMA/sederajat, berprofesi
sebagai ibu rumah tangga, memiliki pengeluaran Rp1.000.000-
1.500.000 per bulan, bertempat tinggal di Kecamatan Gubeng,
menggunakan sepeda motor untuk menuju ke pasar, mengunjungi Pasar
Pucang Anom kurang dari 3 kali per minggu, mengunjungi pasar
modern kurang dari 3 kali per minggu, dan membeli bahan makanan.
Dimensi yang perlu dijadikan prioritas utama perbaikan adalah dimensi
Tampilan Fisik. Pengunjung lebih puas dalam hal kelengkapan,
kualitas, harga barang yang dijual, kecepatan dan keramahan pelayanan
pedagang, keamanan tempat parkir, ketersediaan toilet umum, dan
kondisi Pasar Pucang Anom Surabaya yang membuat pengunung
merasa nyaman. Hal yang paling diinginkan masyarakat dalam memilih
tempat belanja adalah kebersihan tempat berbelanja.
=======================================================
Market is one of the trading activity that can not be separated from
everyday human activities. A market which can operate optimally and
efficiently and can serve the needs of society is needed in order to make
the traditional market as one of the motor dynamics of economic
development. Pucang Anom market is one of the traditional market in
downtown Surabaya, which also have to compete with other shopping
centers are also numerous in the downtown. Improving the quality of
the things that affect the preference of shopping at the Market Pucang
Anom Surabaya will be analyzed by the gap analysis, biplot analysis,
and Thurstone case-v. From this study found that the oldest of Pucang
Anom market visitor is 63 years old, the youngest is 12 years old, and
the average age iss 33 years. The majority of the visitors is high school
graduates, living as a housewife, have Rp1.000.000-1.500.000 spending
per month, residing in Gubeng, using motorcycles to get to the market,
visit the Pucang Anom Market <3 times per week, visiting the modern
market <3 times per week, and buy groceries. Dimensions that need to
be given top priority improvement is the dimension of Tangibles.
Visitors are more satisfied in terms of completeness, the price, and the
quality of goods sold in the market, the enquickness and the hospitality
by the trader, the security in the parking lot, the availability of the
restroom, and the comfort condition in the Pucang Anom Market. It is
most desirable in choosing where to shopping by the cleanliness of the
place.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSt 519.535 4 Tya a-1
Uncontrolled Keywords: Pasar Pucang Anom, Analisis Kesenjangan, Positioning, Thurstone Case-V.
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics > HA31.35 Analysis of variance
Divisions: Faculty of Mathematics and Science > Statistics > 49201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 18 Nov 2019 06:26
Last Modified: 18 Nov 2019 06:26
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/71847

Actions (login required)

View Item View Item