Analisis kekuatan konstruksi bow crane pedestal FRSO ARCO Ardjuna

Juniati, Eva (2015) Analisis kekuatan konstruksi bow crane pedestal FRSO ARCO Ardjuna. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4311100020-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
4311100020-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pada tugas akhir ini akan membahas kekuatan konstruksi crane pedestal akibat
penambahan beban/ kapasitas pada crane pada FSO Arco Ardjuna, dalam hal ini
perlu dilakukan assessment untuk mengetahui apakah struktur tersebut masih
aman untuk beroperasi. FSO Arco Adrjuna berposisi stasioner, sehingga FSO
harus memenuhi beberapa karakteristik tertentu dan cukup kuat untuk menahan
beban operasional tambahan saat beroperasi di ladang minyak Arjuna, 83 km dari
pantai Cilamaya, Karawang, Jawa Barat. Pada tugas akhir ini akan dianalisis
tegangan lokal yang terjadi pada modifikasi konstruksi bow crane pedestal FSO
Arco Ardjuna akibat penambahan beban angkat crane. Berdasarkan axial load dan
dynamic moment terbesar yang bekerja pada crane akan dilakukan analisis
tegangan lokal bow crane pedestal pada FSO Arco Adrjuna. Karakteristik kapal
dapat kita lihat dengan RAO dimana motion yang paling dominan adalah gerakan
heaving dan rolling. Trend RAO tertambat mengalami kondisi puncak pada
kondisi heaving arah datang gelombang 90º dengan encountering frekuensi
sebesar 0.543 rad/sec dan besar RAO 0.0004 (m/m). Sedang pada kondisi roll
diperoleh trend RAO dengan kondisi puncak pada arah datang gelombang 90º
encountering frekuensi sebesar 0.543 rad/sec dan besar RAO 0.0018 (deg/m).
Hasil perhitungan longitudinal bending moment terbesar pada muatan full load
kondisi sagging sebesar -586045.2 Ton.m dan shear force sebesar 18320 ton.
Sedangkan distribusi tegangan pada konstruksi bow crane pedestal akibat gerakan
struktur yaitu untuk tegangan maksimum sebesar 193.782 MPa dan deformasi
sebesar 0.89573 mm terjadi pada saat FSO kondisi full load dengan arah heading
pembebanan 0o. Hasil ini masih lebih kecil jika dibandingkan dengan tegangan
ijin dan deformasi yang dianjurkan oleh ABS yaitu 211.5 MPa dan 6 mm,
sehingga konstruksi crane pedestal dalam batas aman untuk beroperasi.
=================================================================================================
In this final analysis discuss the construction of crane pedestal due to additional
load/ capacity on FSO Arco Adrjuna, in addition necessary assessment to
determine whether the structure is still safe to operate. FSO Arco Adrjuna
stationary position, so that FSO must meet certain characteristics and strong
enough to withstand the additional operating expenses while operating in oil
fields Arjuna, 83 km from the Coast Cilamaya, Karawang, West Java. In this final
project will be analyzed local strength that occurs on a modified construction
crane pedestal FSO bow Arco Ardjuna due to the addition of a load lifting crane.
Based on axial load and dynamic moment load on the crane will be local stress
analysis on a bow crane pedestal FSO Arco Adrjuna. Characteristics of the vessel
can be seen by RAO where the dominant motion is heaving and rolling. .
Retrieved trend RAO peak conditions on condition of heaving in the direction of
coming waves 90° with encountering frequency 0.543 rad/sec and relative
amplitude maximum RAO 0.0004 (m/m). Rolling obtained on condition of RAO
trend with peak conditions in the direction of coming wave 90º with encountering
frequency 0.543 rad/sec and relative amplitude maximum RAO 0.0018 (deg/m).
The largest longitudinal bending moment caluculation full load on sagging
condition is -586045.2 Ton.m and shear force 18320 Tonnes. While the stress
distribution on construction bow crane pedestal due to the structure of the
movement is for a maximum of 193.782 MPa stress and deformation of 0.89573
mm occurs during full load conditions with FSO heading towards loading 0o. This
stress and deformation is less than the allowable maximum stress required by
ABS, 211.5 MPa and 6 mm so that the structure is safe to operate after the
modification is addition crane load.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSke 621.873 Jun a
Uncontrolled Keywords: bow crane pedestal, FSO, RAO, heaving, rolling, von misses stress
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Yeni Anita Gonti
Date Deposited: 19 Feb 2020 03:01
Last Modified: 19 Feb 2020 03:01
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/75032

Actions (login required)

View Item View Item