Rancang Bangun Mobile Embedded System Untuk Identifikasi Dan Pemetaan Kondisi Permukaan Jalan Pada Area Perkotaan Dengan Analisis Data Dual-Accelerometer Sensor

Mufid, Ahmad Fauzan (2016) Rancang Bangun Mobile Embedded System Untuk Identifikasi Dan Pemetaan Kondisi Permukaan Jalan Pada Area Perkotaan Dengan Analisis Data Dual-Accelerometer Sensor. Undergraduate thesis, Institut Technology Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5112100203-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
5112100203-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Jalan adalah prasarana transportasi darat yang meliputi
segala bagian jalan, termasuk bangunan pelengkap dan
perlengkapannya yang diperuntukkan bagi lalu lintas umum. Di
jalan terdapat terdapat lubang, banyak kecelakaan terjadi karena
kurangnya informasi mengenai kondisi jalan untuk pengguna
jalan. Kurangnya informasi mengenai kondisi jalan membuat
pengguna jalan kurang waspada sehingga kecelakaan lebih
mungkin terjadi. Saat ini jalan yang berlubang diketahui jika ada
laporan dari masyarakat, bahkan perbaikan jalan berlubang pun
dilakukan sendiri oleh masyarakat. Dengan adanya layanan
untuk menentukan lokasi jalan berlubang ini, diharapkan dapat
membantu pemerintah dalam menentukan pengambilan kebijakan
perbaikan jalan berlubang.
Pada penelitian sebelumnya sistem yang dibuat hanya
menetukan terdapat lonjakan. Penelitian tersebut menggunakan
sensor accelerometer dan GPS pada smartphone untuk
pengambilan data. Pada penelitian ini, penulis ingin membuat
sistem yang dapat menentukan lubang pada jalan. Untuk
mendapatkan data aktivitas saat dijalan digunakan sensor
accelerometer, lalu untuk mendapatkan lokasi jalan digunakan
GPS/GPRS/GSM Shield V3.0. Untuk membantu mengontrol
viii
viii
diperlukan bantuan teknologi mikrokontroler yaitu Arduino uno.
Untuk menentukan apakah jalan tersebut terdapat lubang
digunakan batas yang didapatkan dari nilai selisih perubahan
accelerometer. Hasil yang telah didapatkan dikirimkan ke server
menggunakan GPRS. Hasil penentuan ditampilkan dalam bentuk
peta pada web.
Kemudian sistem akan diuji coba mulai dari uji
fungsionalitas hingga uji performa dengan menggunakan
berberapa skenario yang telah di tentukan. Berdasarkan hasil uji
coba performa, keakuratan keseluruhan sistem dalam
menentukan keputusan yang benar yaitu 83,33% dengan delay
waktu pengiriman dari rangkaian alat ke server lebih dari 11
detik.
=======================================================================================================
The road is a land transport infrastructure covering all parts
of the road, including complementary buildings and equipment
intended for general traffic. On the road there is a hole, many
accidents occur due to lack of information about the road
conditions to road users. Lack of information on road conditions
make the road less vigilant so that more accidents may occur.
Currently the potholes known if there are reports from the public,
even repair potholes were carried out by the communities
themselves. With the service to determine the location of potholes,
is expected to assist the government in determining the policy
making repairs potholes
In previous studies the systems made only determines there is
a spike. These studies use accelerometer sensor and GPS on a
smartphone for data retrieval. In this study, the authors wanted to
create a system that can determine the hole on the road. To get
the current activity data used road accelerometer sensor, and
then to find out the location, the author use of GPS / GPRS / GSM
Shield V3.0. To help control the necessary assistance that is
Arduino Uno microcontroller technology. To determine whether
the path is a hole used boundary obtained from the differences of
the accelerometer changes. The results that have been obtained is
x
x
sent to the server using GPRS. The result of the determination
shown in the form of maps on the web.
Then the system will be tested ranging from test to test the
functionality of the performance by using a couple of scenarios
that have been specified. Based on the results of performance
testing, the overall accuracy of the system in determining the
correct decision that is 83,33% with a delay time of delivery of a
suite of tools to the server more than 11 seconds.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIf 629.895 51 Muf r-1
Uncontrolled Keywords: Jalan, Lubang, Mikrokontroler, Accelerometer, ADXL345, Sensor.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.754 Software architecture. Computer software
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 02 Mar 2020 02:33
Last Modified: 02 Mar 2020 02:33
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/75248

Actions (login required)

View Item View Item