Perencanaan Dan Perkuatan Timbunan Jalan Kereta Api Sta. 87+200 - 88+600 Kab Barru Province Sulawesi Selatan

Wijaya, Geniar (2016) Perencanaan Dan Perkuatan Timbunan Jalan Kereta Api Sta. 87+200 - 88+600 Kab Barru Province Sulawesi Selatan. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

[thumbnail of 3110100052-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
3110100052-Undergraduate_Thesis.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Perencanaan Jalur KA Trans Sulawesi sudah menjadi agenda
pemerintahan sebagai peningkatan infrastruktur di daerah luar
jawa, dengan awal rute Kota Makassar – Kota Pare-Pare.
Perencanaan awal rute yang akan dibangun untuk menghubungkan
Kota Makassar hingga Kota Pare-Pare sepanjang ± 147 km, pada
pengerjaan akan dilakukan secara parsial/sebagian, diawali dengan
pengerjaan jalur tunggal (single track) yang kemudian akan
dilanjutkan dengan jalur ganda (double track) di masa mendatang
akan tetapi untuk badan jalannya (timbunan) sudah untuk jalur
ganda. Perencanaan yang akan dikerjakan ada pada STA 87+200
hingga STA 88+600 dengan total panjang lintasan 1,6 km.
Tujuan yang ingin dicapai dari penulisan tugas akhir ini untuk
mendapatkan tinggi timbunan yang diinginkan sesuai dengan
beban yang diterima oleh timbunan dan tanah dasar. Mendapatkan
perencanaanalternative kombinasi memakai retaining wall sesuai
dengan kondisi lapangan. (STA 87+200 hingga STA 87+400).
Mendapatkan perencanaan timbunan dan perkuatan yang sesuai
dengan kondisi lapangan. (STA 87+500 hingga 88+600) serta
memiliki perbandingan biaya material dari masing masing desain
kombinasi perkuatan yang paling ekonomis dan mudah dalam
pelaksanaannya.
Hasil perhitungan konsolidasi menunjukkan STA 87+200
dengan tinggi rencana 7 meter, ditemukan hasil Hinisial = 8.20 meter
dengan besar konsolidasi sebesar 1.20 meter. Pola pemasangan
ii
PVD menggunakan pola segi empat dengan diameter 0.6 meter,
yang membutuhkan waktu selama 18 minggu untuk mencapai
U%= 90%. Perkuatan yang digunakan dalam perencanaan pada
STA 87+200hingga STA 87+400 untuk sayap kiri timbunan antara
lain kombinasi geogrid + keystone dan geotextile + sheepile,
dengan profil UW-250 untuk geotekstile dan profil Tipe TENAX
TT 60 SAMP untuk geogrid.
Perencanaan timbunan pada STA 87+500 – 88+600 memiliki
tinggi rencana 7 meter dengan perkuatan geotextile UW-250 pada
tiap 0.2 meter per lapisan dengan SF= 1.5. Alternative yang
digunakan sebagai perkuatan timbunan pada STA 87+200 hingga
STA 87+400, menggunakan kombinasi geotextile + sheetpile yang
menghabiskan biaya sebesar Rp 827,479,200.00 untuk sisi barat
timbunan sepanjang 400 meter
==============================================================================================Rail Network Planning Trans Sulawesi has become the
government's agenda as the improvement of infrastructure in areas
outside Java, with the beginning of the city of Makassar - Pare-
Pare. Initial planning routes to be built to connect the city of
Makassar to Pare-Pare along the ± 147 km, the construction will be
done in partially, starting with of a single track (single track) which
will then be followed by a double trackin the future but for the body
of the course (heap) is to double track. Planning will be done there
at STA 200 and STA 87 + 88 + 600 with the total length of 1.6 km.
The aim of this thesis to obtain the desired height of the
pile in accordance with the load received by the embankment and
subgrade. Getting perencanaanalternative combination of wear
retaining wall according to the field conditions. (STA STA 87 +
200 to 87 + 400). Getting pile planning and retrofitting in
accordance with field conditions. (STA 87 + 500 to 88 + 600) and
has a ratio of material costs of retrofitting each design combination
of the most economical and easy execution.
The result of the consolidation calculation shows STA 87
+ 200 with a height of 7 meters plan, found the results Hinisial =
8.20 meters with a large consolidation of 1.20 meters. PVD
mounting pattern using a square pattern with a diameter of 0.6
meters, which takes as long as 18 weeks to reach U% = 90%.
iv
strengthing used in planning the STA 87+200 to STA 87+ 400 on
the left wing heap include a combination of geogrid + keystone
and geotextile + sheepile, with UW-250 for profile geotextile and
profile Type 60 TENAX TT SAMP for geogrid.
Planning a heap on the STA 87 + 500 to 88 + 600 has a
height of 7 meters with strenghting plan geotextile UW-250 for
each 0.25 meter per layer with SF = 1.5. Alternative used as
reinforcement embankment at STA 87 + 200 and STA 87 + 400,
using a combination of geotextile + sheetpile at a cost of Rp
827,479,200.00 for the west side of the embankment along the 400
meters.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSS 624.151 362 Wij p
Uncontrolled Keywords: Timbunan, geotextile, geogrid, PVD, keystone wal, sheetpile.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General) > S593.2 Soil Structure
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA455.S6 Soil (Materials of engineering and construction)
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 05 Mar 2020 03:17
Last Modified: 05 Mar 2020 03:17
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/75317

Actions (login required)

View Item View Item