Desain Palka Kapal Pengangkut Ikan Hidup Dengan Sirkulasi Air Laut Alami

Ramatullah, Dimas Tegar (2016) Desain Palka Kapal Pengangkut Ikan Hidup Dengan Sirkulasi Air Laut Alami. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4212100026-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
4212100026-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 4212100026-Paper.pdf]
Preview
Text
4212100026-Paper.pdf - Accepted Version

Download (327kB) | Preview
[thumbnail of 4212100026-Presentation.pdf]
Preview
Text
4212100026-Presentation.pdf - Presentation

Download (782kB) | Preview

Abstract

Sebagian besar ikan yang dikirim menggunakan kapal disimpan
dalam ruang penyimpanan pada kapal. Kondisi ruang
penyimpanan akan berpengaruh pada ikan. Permasalahan yang
biasa terjadi yaitu menurunnya kualitas ikan. Oleh karena itu
dirancang sistem palka ikan hidup dengan sirkulasi air laut
alami dimana palka diberi lubang sirkulasi sehingga air laut
dapat bersirkulasi secara alami. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui rancangan sistem sirkulasi air laut
alami yang sesuai pada palka kapal ikan hidup. Metode yang
digunakan adalah dengan menggunakan metode berbasis
simulasi CFD (Computional Fluid Dynamic) dengan membuat
model lambung dan palka kapal. Kemudian dilakukan variasi
pelubangan pada palka. Berdasarkan hasil analisa data dan
pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa aliran yang terjadi
di dalam palka adalah aliran turbulen. Kecepatan arus di dalam
palka pada semua variasi pelubangan berkisar antara 0,05 m/s –
0,33 m/s. Hambatan kapal terkecil yang dihasilkan yaitu sebesar
26,1 kN. Volume ruang palka semakin kecil akibat pelubangan,
yaitu sebesar 22,9 m3. Ruang palka tersebut dapat diisi ikan
kerapu sebanyak 2,08 ton. Dari perhitungan ekonomis dapat
diketahui bahwa pemilik kapal akan balik modal setelah dua
sampai empat tahun.
=======================================================================================================
Most fish are shipped and stored alive in the holding cell
(storage room) before getting offshore. The holding condition,
without a doubt, will affect fish quality. Common problems
include decreasing quality of the fish. Which is why it is
necessary to design a circulation hole, therefore seawater can
naturally circulate inside the holding and keep the fish fresher.
The main objective of this study is to identify appropriate design
for seawater circulation hole on live fish holding room. Method
used is CFD (Computational Fluid Dynamic) based simulation,
modeling the hull and the hold of the ship. Data analysis
revealed flow inside the hold is turbulent. Current speed ranged
from 0,05 m/s – 0,33 m/s. Smallest ship’s resistance showed at
the level of 26,1 kN. Holding room volume is decreased along
with the addition of circulation hole as big as 22,9 m3, but still
can contain up to 2,08 tons of grouper fish. Economic
calculation revealed the owner would have a turnover after twofour
years.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSP 623.820 2 Rah d 3100016066521
Uncontrolled Keywords: Kapal ikan hidup, Ikan Kerapu, Palka, Kapal Ikan, Transportasi Ikan, Simulasi CFD, Life fish carrier, Grouper, Fish hold, Fish transportation, CFD simulation
Subjects: V Naval Science > VM431 Fishing boats
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 05 Mar 2020 06:58
Last Modified: 05 Mar 2020 06:58
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/75347

Actions (login required)

View Item View Item