Optimalisasi Faktor Daya Pada Sistem Container Crane Di Pelabuhan Nilam

Wicaksono, Himawan (2016) Optimalisasi Faktor Daya Pada Sistem Container Crane Di Pelabuhan Nilam. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

[thumbnail of 4212100052-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
4212100052-Undergraduate_Thesis.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pada proses bongkar muat penggunaan container crane
disuplai daya dari PLN maupun generator yang disediakan
oleh pihak pelabuhan. Dalam operasional crane sendiri
membutuhkan beberapa peralatan motor listrik. Umumnya
motor yang digunakan untuk industri beroperasi mendekati
beban penuh, jika beban turun dibawah beban tertentu maka
efisiensi turun dengan cepat. Motor beroperasi dibawah laju
beban rendah memiliki dampak pada faktor daya yang rendah.
Salah satu alternatif untuk memperbaiki kondisi ini adalah
dengan cara pemasangan kapasitor. Dengan simulasi motor
acceleration analysis pada ETAP terdapat penurunan nilai
faktor daya dan meningkatnya arus pada Motor Hoist sebesar
(33.3%) dan 1821.7 Ampere. Kondisi seperti ini berakibat
sangat buruk terhadap lifetime motor hoist. Setelah didapatkan
nilai kapasitor berdasarkan perhitungan sebesar 696.74 KVAR
untuk memperbaiki faktor daya pada motor hoist, selanjutnya
dilakukan pengoptimalan penempatan kapasitor. Hasil
pengoptimalan dengan simulasi ETAP menunjukkan bahwa
lokasi optimal adalah pada Bus 2. Dengan penambahan
kapasitor, nilai faktor daya meningkat hingga (82.8%)
============================================================================================In the process of loading and unloading, container cranes
use the power supplied from the power and generators
supplied by the port. The crane operation itself requires
some electric motors equipments. Generally, industrial motors
operates from close to full load. If the load drops below a
certain load, the efficiency decreases rapidly. The motor
operating under a low load rate has an impact on a low power
factor. One alternative to improve this condition is by
mounting the capacitor. With the acceleration of motor
simulation analysis on ETAP, there is an impairment of the
power factor and the increasing flow of the Motor Hoist by
(33.3%) and 1725.7 Ampere. This condition will cause serious
harm to the lifetime of the motor hoist. After obtaining a value
of 696.74 KVAR in capacitors to improve the power factor on
the motor hoist, there are needs to optimize capacitor
placement is at bus number 2 through transformer number 1.
With the addition of capacitors, power factor value increased
to (82.8%)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSP 621.873 Wic o
Uncontrolled Keywords: Container Crane, ETAP, faktor daya, kapasitor.
Subjects: V Naval Science > V Naval Science (General) > V220 Naval ports, bases, reservations, docks, etc.
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 19 Mar 2020 03:34
Last Modified: 19 Mar 2020 03:34
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/75508

Actions (login required)

View Item View Item